BRALING.COM, PURBALINGGA – Ternyata, semangat dari pengelola desa wisata dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) saja tidak cukup untuk membangun Purbalingga sebagai daerah tujuan wisata di Jawa Tengah.

Pengelola desa wisa menyebut pertumbuhan desa wisata di Purbalingga masih terhambat oleh kualitas sumber daya manusia pengelola desa wisata serta infrastruktur jalan. Banyak lokasi wisata andalan di desa wisata masih sukar didatangi.

Keluhan ini kembali diungkap dalam rapat evaluasi fasilitasi desa wisata di aula Dinbudparpora Purbalingga, Kamis 6 Agustus 2015. Selain kepala desa, perwakilan Bappeda, fasilitator desa wisata dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) hadir dalam agenda itu.

Kades Tanalum Kecamatan Rembang Priyono menyebut jalan menuju Curug Karang, meski sudah beraspal, namun tidak bisa untuk simpangan kendaraan roda empat. Begitu juga, prasarana jalan dari Dukuh Pucung Rumbak menuju Curug Nagasari.

“Di sekitar curug Karang, pedagang sudah kami minta untuk sadar tidak membuang sampah, namun mereka masih saja melakukannya. Begitu pula dengan kesadaran pengunjung curug, masih banyak pengunjung yang membuang sampah disekitar curug,” kata Priyono.

Sugito, Kades Serang, Kecamatan Karangreja mengatakan, Serang membutuhkan peningkatan jalan desa. Harapan ini terkait dengan rencana pengembangan rest area Lembah Asri Serang yang semakin ramai.

“Kalau kesadaran masyarakat Desa Serang untuk menghadapi wisatawan sudah cukup baik. Persoalan hanya pada budaya membuang sampah dari wisatawan yang masih perlu ditingkatkan,” katanya.

Kepala Dinbudparpora Subeno mengatakan, persoalan infrastruktur jalan akan dikoordinasikan dengan Bappeda dan Dinas Pekerjaan Umum. Pembenahan jalan itu menjadi tanggung jawab Pemkab Purbalingga, namun kemungkinan akan dilakukan sesuai dengan kemampuang dana.

“Selain pembenahan destinasi wisata, juga melakukan pemberdayaan masyarakat melalui desa wisata. Dalam hal SDM, kami akan berusaha meningkatkannya melalui berbagai kegiatan,” kata Subeno.

BANGKIT WISMO