BRALING.COM, PURBALINGGA – Sebanyak 51 pangkalan Palang Merah Remaja (PMR) di Purbalingga akan mengikuti Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) yang digelar 17 – 20 September 2015 di lapangan Desa Karanggambas, Kecamatan Padamara.

Yakni 26 PMR Wira dari SMA/SMK/MA dan 25 PMR Madya yang berpangkalan di SMP/MTs. Jumbara merupakan kegiatan rutin dua tahunan guna mengevaluasi pembinaan PMR Madya dan PMR Wira. Setiap pangkalan mengirimkan 24 orang anggota PMR.

“Jumbara selain untuk memacu keterampilan juga akan memupuk kemampuan kerja kelompok yang sangat berguna dalam penanganan bencana yang sesungguhnya,” kata Ketua Panitia Pelaksana Jumbara Rukmwan Suci Laswono SE, Senin 7 September 2015.

Pendekatan yang dilakukan dalam Jumbara adalah pendekatan keterampilan hidup, sehingga peserta akan diarahkan untuk meningkatkan kapasitas individu dan peningkatan skill sesuai dengan tingkatannya.

Kegiatan Jumbara secara umum adalah kegiatan Jumpa yang meliputi travelling kepalangmerahan, kreasi remaja, peningkatan ketrampilan dan cerdas tangkas ke-PMR-an. Kegiatan Bakti meliputi bakti sosial pembagian alat tulis, penanaman pohon produktif, kerja bakti bersih-bersih lingkungan, dan K-3 perkemahan.

“Sedang kegiatan Gembira meliputi paduan suara, pentas seni, olahraga persahabatan, out bond, defile kontingen, dan anjangsana,” jelas Rukmawan.

Ketua PMI Purbalingga Drs Suyitno meminta agar kegiatan Jumbara PMR mampu menjadi ajang untuk meningkatkan kualitas relawan muda Palang Merah Indonesia (PMI). Ia berharap agenda Jumbara bisa ditindaklanjuti dengan pembinaan calon relawan mudah PMI secara konsisten.

BANGKIT WISMO