BRALING.COM, PURBALINGGA – Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Purbalingga Suben meminta seluruh elemen masyarakat di Purbalingga untuk senantiasa menjaga cagar budaya yang tersebar di Kota Perwira.

Benda cagar budaya merupakan kekayaan budaya bangsa serta wujud pemikiran dan perilaku manusia yang penting. Baik dalam aspek sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Keberadaan cagar budaya perlu dilestarikan dan dikelola secara tepat melalui upaya perlindungan, pengembangan dan pemanfaatannya untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” kata Subeno.

Ia mangatakan itu saat Pembukaan Kemah Budaya Permuseuman Dan Kepurbakalaan Tahun 2015 Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diikuti 385 siswa SLTA/SMK di Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Munjulluhur Desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari, Selasa 27 Oktober 2015.

Kini payung hukum yang memadai baru UU Nomor 11 Tahun 2010. “Selain itu juga telah diterbitkan Peraturan Gubernur  (Pergub) Nomor 62 tahun 2013 tentang Pelestarian Cagar Budaya,” kata Subeno.

BANGKIT WISMO