BRALING.COM, PURBALINGGA – Meskipun jumlah pemilih pria lebih banyak dibandingkan pemilih perempuan, ternyata peran kaum Hawa dalam penyelenggaraan pemilihan umum di Purbalingga sangat krusial.

Dari daftar pemilih tetap (DPT) yang telah ditetapkan KPU, pemilih laki-laki 370.907 jiwa sedangkan perempuan 366.688 jiwa. Walau begitu, tingkat partisipasi perempuan lebih tinggi dibanding para pria.

“Dari beberapa pemilu, ternyata perempuan punya andil yang luar biasa dan lebih tinggi partisipasinya. Karenanya sangat penting mereka mendapat sosialisasi tentang pilbup,” kata Komisioner KPU Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Mey Nurlela.

Pekan ini, KPU sudah bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Purbalingga untuk menggelar sosialisasi Pilbup Purbalingga di Graha Adiguna Purbalingga. Pesertanya adalah utusan dari berbagai organisasi wanita yang ada di Kota Braling.

Penjabat Bupati Purbalingga Budi Wibowo berharap organisasi wanita bisa mendorong partisipasi perempuan di pilbup. “Kalau tingkat partisipasinya sedikit, pemenangnya tidak akan pede dalam memimpin Purbalingga,” kata Budi.

BANGKIT WISMO