Plesir

Menjadi Desa Wisata, Desa Siwarak Andalkan Keindahan Alam

BRALING.COM, PURBALINGGA – Masyarakat Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, berusaha menjadi tujuan wisata di Purbalingga. Banyak usaha yang dilakukan demi mendongkrak potensi Siwarak sebagai desa wisata.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan gelaran ruwat bumi. Dalam kegiatan itu warga membawa patung Lawa dan ternak serta 10 gunungan yang berisi hasil bumi diarak keliling desa, Minggu 25 Oktober 2015.

Kepala Desa Siwarak Suratman mengatakan, potensi Desa Siwarak yang dikenalkan kepada wisatawan berupa sunrise Bukit Njelir, agrowisata kebun nanas, telusur Goa Lorong Kereta atau Caving Leng Asyik, trekking, hiking, camping ground, dan sirkuit downhill.

Suratman mengaku, hal lain yang jadi fokus Pemdes Siwarak adalah pembenahan sumberdaya manusia dan membangun kesadaran masyarakat untuk sadar wisata.

Kegiatan pawai gunungan menjadi tontonan bagi wisatawan yang tengah berkunjung ke Goa Lawa. “Saya sangat senang ketika berkunjung ke Goa Lawa kali ini, karena sekaligus bisa menikmati pawai gunungan yang dilakukan masyarakat,” tutur Sri Cahyaningrum, wisatawan dari Batang.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lawa Mandiri, Partomo berkata, paket wisata sunrise Bukit Njelir sudah mulai diminati wisatawan dari luar kota. Ada yang berasal dari kelompok pecinta alam, keluarga maupun masyaakat umum. Hampir setiap malam minggu, ada rombongan yang ingin menikmati wisata ini.

“Wisata minat khusus seperti menikmati sunrise atau menikmati keindahan alam bebas, ternyata mulai diminati wisatawan. Mereka kebanyakan memilih untuk menikmati sunrise di Bukit Njelir. Tentunya alamnya sangat indah, tak kalah dengan sunrise di bukit Sikunir Dieng,” kata Partomo.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.