BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemkab Purbalingga terus mendorong tingginya tingkat partisipasi dalam Pilkada Purbalingga yang akan digelar 9 Desember 2015. Terbaru, Pemkab aktif menyasar kalangan pemilih pemula.

Kepala Bagian Humas Setda Purbalingga, Rusmo Purnomo berkata, sosialisasi merupakan wujud nyata partisipasi Pemkab Purbalingga dalam pilkada. Pemkab juga memandang pentingnya pencoblosan demi terwujudnya proses pergantian kepemimpinan di Purbalingga yang baik.

“Pemilih pemula mempunyai peran besar dalam menjaga ketenangan, ketertiban, ketentraman dan kedamaian di tengah-tengah masyarakat,” kata Rusmo saat sosialisasi pemilih pemula dalam kegiatan Bakohumas ke 2 tahun 2015 di Gedung Graha Adiguna, Selasa 10 November 2015.

Rusmo menambahkan, kepemimpinan dengan masa lima tahunan ini untuk menjaga kesetabilan pemerintahan di Purbalingga. Pergantian kemimpinan menjadi kewajiban kita bersama agar visi-misi Purbalingga bisa terwujud yang pada akhirnya akan mensejahterakan semua masyarakat.

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi, Gunarto berkata, tanpa partisipasi yang tinggi, Bupati dan Wakil Bupati yang terpilih tak mempunyai “pegangan” yang kuat. Karena tanpa partisipasi bisa dinilai tak ada dukungan yang kuat.

Selain itu, bagi pemilih pemula, pilkada sangat penting dalam proses berdemokrasi. “Sekecil apapun parsisipasi pemilih pemula dalam menggunakan hak pilihnya, akan berguna bagi kepentingan masyarakat, walaupun tidak sekarang bisa dimasa yang akan datang,” ujar Gunarto

Pembicara pada kegiatan tersebut ketua KPUD Purbalingga Sri Wahyuni dan ketua Panwaskab, Dewi Palupi Cahyaning Wiyati. Peserta sosialisasi sebanyak 51 orang perwakilan pengurus OSIS SMA/SMK.

BANGKIT WISMO