BRALING.COM, PURBALINGGA – Jaksa Penuntut Umum Pengadilan Negeri Purbalingga, NinikmRahma Dwihastuti menuntut hukuman penjara satu tahun kepada warga Desa Bakulan, Kecamatan Kemangkon, Arif Haryanto, 36 tahun, warga Desa Bakulan, Kecamatan Kemangkon.

Tuntutan yang disampaikan pada sidang tuntutan, Senin 7 Desmeber 2015 ini diberikan karena Arif adalah terdakwa penggelapan mobil milik Sudarmo alias Sumono alias Sumarno, warga Desa Selanegara, Kecamatan Kaligondang.

Sidang dipimpin oleh hakim Totok Sapto Indrato dengan anggota Ageng Priambodo dan Bagus Trenggono dan didampingi Panitera Pengganti (PP) Supriyanto.

Humas PN Purbalingga, Arief Yudiarto mengemukakan, kasus ini bermula pada November 2014 lalu, terdakwa menyewa mobil merek Mitsubishi Prona maruti jenis mikrobus bernomor polisi B-7758-CO milik Sudarmo dengan kesepakatan uang sewa sebesar Rp2,5 juta.

Terdakwa juga membawa Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil tersebut untuk mengurus mutasi. November 2014 hingga Februari 2015, mobil digunakan untuk usaha rental dan terdakwa sudah memberikan uang sewa kepada Surarmo secara bertahap sebesar Rp9,6 juta.

Ternyata pada April 2015, terdakwa menggadaikan mikrobus tersebut beserta BPKB-nya kepada Royin di Desa Kalibenda, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara seharga Rp 22 juta tanpa seizin Sudarmo, pemilik mobil itu. Karena itulah, korban melaporkan kejadian itu ke Polsek Kaligondang.

“Terdakwa sebelumnya didakwa dengan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan atau Pasal 378 KUHP tentang penipuan. Dari fakta persidangan, terdakwa didakwa dengan pasal 378 dan dituntut setahun penjara oleh JPU. Sidang dilanjutkan minggu depan dengan agenda pembacaan putusan,” katanya.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •