Pilihan

Ini Cara Dindukcapil Purbalingga Tingkatkan Layanan Kependudukan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Purbalingga memiliki sejumlah cara untuk memudahkan layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Kota Braling.

Pada Februari 2016 mendatang, masyarakat bisa dilayani dengan adanya mobil Pelayanan Keliling Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Mobil ini sudah dilengkapi dengan peralatan pemotretan e-KTP, komputer, printer, genset dan perlengkapan pendukung lainnya.

Dengan adanya mobil ini perekaman data e-KTP dapat selesai sekitar lima menit. Permohonan perpanjangan atau penggantian kartu dapat langsung dicetak. Tapi kalau perekaman pertama harus melalui proses verifikasi di tingkat pusat.

“Mobil ini agar dimanfaatkan untuk memperluas jaringan pelayanan khususnya bagi masyarakat yang jauh dari akses menuju kecamatan maupun kantor Dindukcapil,” kata Penjabat Bupati Purbalingga Budi Wibowo.

Dengan adanya mobil ini, Kepala Dindukcapil Purbalingga, Nur Hamam berkata lokasi layanan akan semakin diperluas. Tidak hanya di kawasan kantor kecamatan dan desa. “Seperti GOR, pasar dan sekolah-sekolah,” Nur Hamam mengungkapkan.

Ketersediaan blangko baik untuk KK, E-KTP dan layanan lainnya saat ini juga dalam posisi aman. “Semua tersedia,” kata Nur Hamam. Selama awal tahun ini, semakin banyak anak sekolah yang membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan.

 

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.