BRALING.COM, PURBALINGGA – Semangat entrepreneur terus menjadi virus yang cepat menyebar di kalangan muda di Indonesia, termasuk Purbalingga. Namun, jalan untuk merintis bisnis sejatinya tidaklah mulus.

Dikutip dari Marketeer.com, terdapat lima kesalahan yang lazim dilakukan oleh wirausaha muda, sehingga bisa mengganggu bisnisnya.

Terlalu Acuh dengan Merek

Bagaimanapun juga merek merupakan hal penting bagi kelangsungan sebuah bisnis. Tidak ada merek maka tidak ada identitas, sehingga produk akan sangat susah dikenali oleh konsumen. Para wirausaha pemula sering kali mengabaikan pentingnya merek pada produknya.

Padahal, ketika orang melihat merek Anda atau melihat logo Anda, mereka sudah membentuk opini tertentu tentang bisnis Anda. Semakin produk mudah dikenali dan terkoneksi dengan konsumen, maka semakin besar pula kemungkinan pembelian yang mereka buat.

Memasarkan kepada Setiap Orang

Masih banyak wirausaha muda yang lebih memilih memasarakan produknya secara luas kepada semua segmen ketimbang secara spesifik menyasar segmen tertentu. Dengan harapan akan mendapatkan timbal balik secara luas, padahal ini adalah anggapan yang salah.

Berasumsi Tentang Konsumen

Seorang yang profesional dalam mambangun bisnis tidak pernah menyandarkan usahanya pada asumsi atau bahkan perasaan. Mereka rajin melakukan survei, mengumpulkan data atau melakukan penelitian untuk mendukung ide atau gagasan Anda.

Berinvestasi Terlalu Banyak (atau tidak cukup)

Investasi di ranah kampanye pemasaran memerlukan petimbangan yang cukup matang. Sebab, jika berinvestasi terlalu banyak pada target konsumen yang kurang potensial, maka itu semua akan sia-sia. Sementara, jika berinvestasi terlalu minim, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang signifikan.

Takut Melakukan Eksperimen

Eksperimen yang terukur sangat penting untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Mencoba hal baru dan fokus pada strategi membuat Anda tahu strategi apa yang bisa terus dijalankan dan mana yang gagal. Jika Anda tidak melakukan eksperimen secara rutin, sulit bagi Anda untuk berkembang. Artinya, bisnis Anda akan tetap stagnan dalam jangka waktu yang lumayan panjang.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •