Pilihan Plesir

Purbalingga Memburu 1 Juta Wisatawan ke Desa Wisata, Mungkinkah?

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kabupaten Purbalingga memburu target 1 juta orang untuk berwisata di sejumlah desa wisata selama 2016 ini. Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah raga (Dinbudparpora) Purbalingga optimis target ini tidak terlalu muluk.

Dinbudparpora Purbalingga mencatat wisatawan yang berkunjung ke Kota Braling pada tahun 2015 sebanyak 1.579.098 wisatawan. “Tahun 2015 lalu, jumlah wisatawan yang berkunjung ke desa wisata mencapai 276 ribu orang,” kata Kepala Dinbudparpora Purbalingga, Subeno, Rabu 23 Maret 2016.

Target 1 juta wisatawan itu memang tidak lepas dari progres pertumbuhan desa wisata di Kota Braling ini. “Purbalingga optimis menjadi destinasi wisata utama di Jateng,” kata Subeno.

Target kunjungan ke desa wisata 1 juta orang, lanjut Subeno, akan disuplai dari 13 desa wisata yang sudah layak jual. Jika setiap desa wisata dalam satu tahun bisa dikunjungi 100 ribu orang, maka target itu akan bisa tercapai.

Untuk mencapai target tersebut, Dinbudparpora, Bappeda dan pegiat wisata bersinergi memacu pengembangan desa wisata. Dinbudparpora menerjunkan lima orang tenaga fasilitator desa wisata yang terseleksi, sementara Bappeda mendukung penganggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) serta dukungan pembangunan infrastruktur ke desa-desa wisata.

Subeno menambahkan peran pemandu wisata juga akan sangat penting. Karenanya, kualitas pemandu wisata juga terus digenjot. Seorang pemandu harus memiliki soft skill dan hard skill. Kemampuan soft skill ditunjukkan seorang pemandu dalam mengatasi permasalahan.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.