BRALING.COM, PURBALINGGA – Kalian pasti tahu aktifitas menyelam di permukaan atau perairan dangkal yang lebih kita kenal sebagai snorkeling, kan? Nah, meskipun nggak ada laut, kalian bisa menikmati ber-snorkeling ria loh di Purbalingga.

Yup, sekarang sudah dikembangkan wahana snorkeling di Situ Terta Merta. Lokasinya di Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari. Airnya jernih dan suasananya juga khas pegunungan sudah pasti segar banget.

Di situ ini, bakal diisi juga sama benda-benda seperti sepeda onthel, sepeda motor, laptop, meja kursi, dan peralatan rumah tangga. Plus ada beberapa jenis ikan. Yang sudah tentu bakal membikin sesi selfie kalian tambah kece.

Sekretaris Pokdarwis Situ Tirta Merta, Bangun Sugito berkata, proses pembersihan kolah masih terus dilakukan. “Kolam yang akan kami siapkan ini  berukuran kurang lebih 13 x 25 meter. Mata airnya selalu melimpah dan saat musim kemarau tidak akan kekurangan air,” kata Bangun.

“Untuk menyiapkan wisata snorkeling, kami masih membutuhkan peralatan  seperti masker selam, baju pelampung dan selang pelindung mulut dan sekaligus untuk pernafasan serta kamera anti air,” sambung Bangun.

Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga, Ir Prayitno MSi berkata, selain potensi snorkeling, Karangcegak juga potensial untuk jadi lokasi tubing untuk anak-anak. Bukit Tawang juga masih bisa dikembangkan.

BANGKIT WISMO