Pilihan

Demi Pengembangan Industri, Purbalingga Siap Tata Ulang Kawasan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten dan DPRD Purbalingga sudah sejalan terkait rencana penataan ulang kawasan di Kota Perwira ini. Rencana ini akan diwujudkan demi memfasilitasi hasrat untuk mengembangkan potensi industri di Purbalingga.

Kepala Kantor Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (KPMPT) Purbalingga, Mukodam berbicara bahwa selama ini pengembangan industri di Kota Braling bersandar pada Perda Purbalingga nomor 5 tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Sampai saat ini ruang-ruang tersebut sudah hampir habis,” kata Mukodam. KPMPT berpandangan, semakin banyak investasi di sektor industri, maka akan semakin besar serapan tenaga kerja yang diraih guna menurunkan angka pengangguran.

Sayangnya, banyak investor yang malas berinvestasi di Purbalingga. Tren investasi industri di Purbalingga cenderung menurun. Tahun 2013 ada duit investasi mencapai Rp 417 miliar, sementara tahun 2014 hanya Rp 314 miliar dan tahun 2015 kemarin, turun lagi Rp 230 miliar.

Karena itulah, revisi Perda RTRW di pandang perlu. “Akan di-review kembali, daerah mana saja yang masih memungkinkan untuk dijadikan kawasan industri, akan ditetapkan. Namun disisi lain kita juga harus memperhatikan ketersediaan lahan untuk ketahanan pangan,” kata Mukodam.

Ketua DPRD Purbalingga, Tongat juga memberikan pendapat yang serupa. “Kami melihat Perda RTRW sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi Purbalingga saat ini. Makanya perlu dilakukan revisi,” kata Tongat yang juga Politisi PDIP ini.

Diungkapkan pihaknya menemukan data dan fakta bahwa zonasi kawasan sudah tidak sesuai dengan Perda RTTW yang lama. Terutama terkait kawasan industri. Pihaknya melihat investor banyak mendirikan perusahaan di kawasan yang sebenarnya tidak merupakan zona industri.

“Ini yang menjadi persoalan. Jika demikian sama saja Perda RTRW dilanggar,” kata Tongat. Begitu pula dengan kawasan perumahan yang juga banyak menggunakan lahan yang seharusnya untuk zona pertanian.

BANGKIT WISMO

 

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *