Pawarta

Pegiat Desa Wisata Diajak Belajar Optimasi Internet, Mereka pun Tambah Semangat Promosi

BRALING.COM, PURBALINGGA – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Purbalingga bergerak cepat dalam mendorong pertumbuhan desa wisata di Kota Braling. Kali ini, Dinbudparpora mengajak 13 desa wisata untuk belajar optimasi internet.

Para pelaku dan pengelola desa wisata diajak untuk menggunakan jejaring internet sebagai sarana promosi wisata. Pelatihan internet dilaksanakan berkat kerjasama dengan SMKN 1 Bojongsari. Pelatihan diselenggarakan di Laboratorium Komputer SMKN 1 Bojongsari.

“Kami pilih SMKN 1 Bojongsari karena memiliki prasarana komputer yang lengkap. Setiap peserta satu komputer, sehingga semuanya diwajibkan bisa menggunakannya,” kata Kepala Dinbudparpora, Drs Subeno SE MSi, Rabu, 27 April 2016.

“Pelatihan dan peningkatan sumberdaya manusia pengelola desa wisata kami anggap sangat penting, karena dengan SDM yang mumpuni dan handal serta tahan banting, maka desa wisata itu niscaya akan maju,” kata Subeno menambahkan.

Pegiat desa wisata pun mengaku senang dengan pelatihan tersebut. “Saya sangat membutuhkan ketrampilan dan penguasaan internet sebagai sarana promosi,” ujar Uun Novianti, pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ardi Mandala Giri Desa Panusupan, Kecamatan Rembang.

“Selama ini saya hanya bisa menggunakan komputer untuk mengetik biasa. Namun dengan pelatihan ini, ternyata kami menjadi terbuka untuk mempromosikan desa wisata kami ke dunia yang lebih luas,” ucap Sugito, pengurus Pokdarwis Pesona Linggamas Desa Kedungbenda, Kemangkon.

Kepala Bidang Pariwisata, Ir Prayitno MSi menjelaskan, pelatihan diikuti 60 orang dari 13 desa wisata dan Pokdarwis. Materi pelatihan terdiri pembuatan blog atau website untuk promosi, media sosial sebagai sarana promosi wisata, dan teknik promosi melalui internet.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *