BRALING.COM, PURBALINGGA – Komunitas Teater dan Sastra Perwira (Katasapa) Purbalingga, menggelar pentas puisi “Purbalingga Membaca Chairil Anwar” di panggung terbuka kompleks GOR Mahesa Jenar Purbalingga, Kamis 28 April 2016 mulai pukul 20.00.

Sekretaris Katasapa Purbalingga, Agustav Triono mengatakan, gelaran nanti malam merupakan salah satu upaya untuk menggairahkan kembali kesenian di Purbalingga terutama di bidang sastra dan teater.

Dulu Purbalingga memiliki sejarah bagus dalam peta teater dan sastra di Indonesia. Tapi beberapa tahun ke belakang kegiatan teater dan sastra seolah tenggelam. Kalau pun ada, tidak diketahui oleh masyarakat umum.

“Kebetulan momennya sekarang pas pada tanggal lahir Chairil Anwar, pembaharu di sastra Indonesia. Kita ambil semangatnya untuk kembali berkarya,” kata Agus. Akan ditampilkan parade baca puisi, deklamasi, musikalisasi puisi, teatrikalisasi puisi, puisi di kanvas, macapat, pantomim, tari tradisional dan pertunjukan seni lainnya.

Katasapa mengundang Bupati Tasdi, Wabup Tiwi, Kepala Dinbudparpora Subeno, Kepala Bappeda Setiadi, Kepala DPU Sigit Subroto, para pegiat teater dan sastra dari Purbalingga dan Purwokerto dan sejumlah komunitas. “Panggung ini terbuka untuk siapa saja. Bagi mereka yang mau apresiasi di panggung dipersilakan,” katanya.

BANGKIT WISMO