Gaya

Cara Menghadapi 6 Tipe Rekan Kerja yang Menyebalkan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Lingkungan kerja tidak diisi oleh orang -orang yang memiliki kepripadian sama. Terkadang kita harus menghadapi rekan kerja yang tidak cocok atau malah tidak kita sukai sama sekali.

Namun, sebagai pekerja profesional, bermusuhan dengan rekan kerja atau bahkan atasan yang menyebalkan bukan langkah yang bijak. Dikutip dari Wolipop, berikut ini ada cara jitu menghadapi enam tipe teman kantor yang nggak asyik.

Suka Banget Kepo

Mendapatkan teman yang terlalu banyak ingin tahu alias kepo tentu saja tidak selamanya nyaman. Apalagi, yang diburu adalah informasi kehidupan pribadi kita. Nah, cara untuk mengatasi sikap orang kepo adalah menyatakan rasa tidak nyaman kita secara langsung kepada mereka.

Orang yang Malas

Tentu saja kita akan mudah mendapatkan teman yang pemalas. Mereka lebih suka main handphone, menonton streaming, atau keluar kantor dari pada bekerja. Ada du acara mengatasi teman jenis ini, yakni mengacuhkan atau menegurnya jika sudah tergolong mengganggu kerja yang lain.

Terlalu Banyak Ngobrol

Terlalu banyak bercanda atau mengobrol juga tidak baik saat jam kerja, karena akan membuat pekerjaan terbengkalai. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk sesekali menghentikan sesi mengobrol. Jika orang tersebut bersikeras ingin bercerita, bolehlah memberi tenggat waktu misalnya lima menit.

Suka Galak 

Memiliki teman kerja yang galak tentu tidak asyik. Kena marah atau umpatan rekan kerja ataupun bos akan merusak suasana hati dan sudah tentu kinerja menjadi drop. Biasanya orang seperti itu juga membawa pengaruh negatif bagi anggota satu divisi lainnya.

Coba ajak bicara orang tersebut agar tidak terlalu emosi dalam menghadapi berbagai hal. Bila Anda merasa tidak berhak memberitahunya karena merupakan bawahan, berbicaralah dengan manajer atau pihak personalia yang bisa punya jalan tengah.

Berisik

Konsentrasi kerja mudah sekali terganggung karena adanya rekan yang berisik. Satu-satunya cara menghadapinya adalah memberitahu jika orang itu membuat keberisikan. Teguran bisa disampaikan secara langsung maupun dengan sindiran-sindiran halus.

Sok Tahu

Orang yang sok tahu biasanya selalu punya opini mengenai apapun. Sayangnya, orang sok tahu kerap tidak memiliki dasar penilaian yang tepat. Cara menghadapinya adalah dengan menghiraukan kata-katanya jika memang tidak benar.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.