Gaya Pilihan

Empat Poin yang Bisa Dipelajari Purbalingga dari Ngaji Budaya

BRALING.COM, PURBALINGGA – Komunitas Teater dan Sastra Perwira (Katasapa) Purbalingga kembali menggelar ruang apresiasi. Kali ini, komunitas yang digawangi oleh banyak seniman muda ini menggelar acara Ngaji Budaya.

Acara ini digelar di panggung luar ruang GOR Mahesa Jenar, Sabtu 25 Juni 2016. Pada malam itu, panggung apresiasi pun ramai didatangi oleh kaum muda yang bergelut dan pecinta karya sastra. Baik sebagai penampil maupun penonton.

Mengenai acara apresiasi seni seperti Ngaji Budaya ini, Sekretaris Katasapa, Agus Triono yang dikenal sebagai Agustav memiliki sejumlah catatn. Berikut ini catatan dari acara Ngaji Budaya tersebut;

Ruang Apresiasi Tersumbat

Menurut Agustav, selama ini ruang apresiasi karya seni, sastra dan teater di Kota Perwira sudah tersumbat. Munculnya Dony Kurniawan Met Nurlela di Ngaji Budaya adalah buktinya. Kedua orang itu mengaku sudah tidak membaca puisi selama 15 tahun, namun bis amembaca penuh semangat dan ekspresif.

Sastra juga Milik Sastrawan dan Seniman

Duet baca puisi antara Sukhedi dari kalangan Nahdlatul Ulama dan juga anggota KPU PUrbalingga dengan Ryan Rachman, Ketua Katasapa dan wartawan menjadi duet menarik. Belum lagi ada orasi budaya penuh hikmah dari Gus Basyir Fadlulah serta baca puisi dari Prasetyo (guru SMP N 1 Bukateja) Haryono (Kepala SMP N 3 Purbalingga) dan Kapolsek Kaligondang AKP Udiono.

Seni Tak Hanya di Kota Purbalingga

Sajian tari dari Sanggar Laras Budaya Bumisari, Kecamatan Bojongsari memukau penonton. Lalu, ada juga penampilan menarik dari Klothekan Si Gimbal dari Desa Bokol Kecamatan Kemangkon yang memainkan perkusi barang bekas dan teatrikalisasi puisi serta ada musikalisasi dari Kelompok Nada Sumbang, Desa Prigi Kecamatan Padamara.

Apresiasi Sangat Tinggi

Animo penonton terhadap tontonan seni di Purbalingga cukup tinggi. Buktinya selama dua kali Katasapa menggelar acara cukup banyak yang hadir bahkan dari Purwokerto pun ingin menikmati gairah seni di Purbalingga.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.