Pilihan

Akhir Pekan Ini, Diprediksi menjadi Puncak Arus Balik 2016

BRALING.COM, JAKARTA – Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik akan terjadi mulai Jumat hingga Minggu, 8-10 Juli 2016. Akhir pekan ini, sejumlah ruas tol menuju Ibukota sudah dipadati oleh kendaraan.

“Biasanya, kalau orang pertama masuk kerja tanggal 11, tentunya (arus balik) sebelum itu, tanggal 8-10,” kata Ketua Harian Posko Mudik Kementerian Perhubungan Peni Puji Turyanti seperti dilansir dari Tempo.co, Jumat, 8 Juli 2016.

Kementrian Perhubungan berharap arus balik akan lebih tertib daripada arus mudik. Termasuk juga tidak ada lagi kemacetan “horor” di dalam maupun luar ruas tol di wilayah Brebes, Jawa Tengah, ketika arus mudik kemarin.

“Sesuai himbauan Pak Menteri (Jonan), sebaiknya pintu masuk dengan pintu keluar itu sama, baik jumlah, jarak, dan luas areanya. Sehingga tidak uyeg-uyegan. Pertama masuk lebar, tapi begitu keluar hanya beberapa. Ini yanh membuat macet,” kata Peni.

Terpisah, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta setiap pemerintah daerah bersiap untuk membantu mengantisipasi berbagai persoalan lalu lintas pada arus balik lebaran 2016. Terutama pemerintah di Kabupaten Pemalang, Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Brebes, dan Cirebon.

Instruksi ini, menurut Tjahjo, sudah ia sampaikan sejak awal bulan ramadan lalu. Dalam instduksinya, Tjahjo juga meminta para petugas kesehatan, Puskesmas dan petugas satuan polisi pamong praja turut siaga selama 24 jam di sekitar jalur Pantura.

Di Purbalingga, kepadatan kendaraan sudah terjadi sejak Jumat pagi. Bahkan jalur Bobotsari – Purbalingga dipadati oleh kendaraan. Kota Braling memang menjadi salah satu jalur mudik dan jalur balik, baik dari arah Pantai Utara atau Pantai Selatan.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.