Gaya Pilihan

Begini Cara Lawan Risiko Kolesterol dari Hidangan Lebaran

BRALING.COM, PURBALINGGA – Lebaran datang, makanan pun datang dengan melimpah ruah. Kebahagiaan pun lantas turut merangsang selera makan. Dengan godaaan makanan yang begitu banyak, bijak dalam mengatur pola makan adalah pilihan cerdas.

Ya, hidangan dengan bahan daging, ikan, ayam, santan bahkan cemilan sudah tentu akan meramaikan meja makan. Jika pola makan tidak terjaga, kadar kolesterol darah akan meningkat, pun begitu dengan risiko penyakit jantung.

Dikutip dari Kompas.com, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk membatasi risiko masalah kadar kolesterol, setelah masa Lebaran.

Makan Secukupnya

Hidangan berbahan daging, seafood, telor dan santan sudah seperti sajian wajib di setiap rumah. Tak perlu takut mengonsumsi menu berbahan dasar daging. Jika Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, makanlah dalam jumlah secukupnya.

Cermat Memilih Menu

Cara mudah menghidari masalah kolesterol maupun masalah kesehatan lainnya pasca-lebaran adalah dengan memilih menu yang akan disajikan kepada keluarga. Anda bisa bisa memilih lauk yang rendah lemak seperti daging tanpa lemak, ikan, atau dada ayam tanpa kulit.

Temukan Cara Mengolahnya

Selain memilih cermat dalam memilih sebagian daging yang memang rendah lemak, cara pengolahan makanan juga menjadi kunci untuk tetap menikmati hidangan sehat. Cara pengolahannya bisa dengan cara ditumis, dipepes, atau direbus.

Kontrol Diri

Nah, kontrol diri sangat penting dalam menjaga kesehatan. Jangan berlebihan ketika makan. Jika Anda sudah mengambil daging, tak perlu menambahkan telur. Pilihlah buah atau salad ketimbang es krim atau kue-kue manis yang tinggi kalori sebagai makanan penutup.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.