Pawarta

Begini Cara SMP Negeri 1 Mrebet Perkenalkan Siswa dengan Sekolah

BRALING.COM, PURBALINGGA – Aktifitas di sekolah kembali menyala lagi. Termasuk bagi mereka yang mendaftarkan diri ke sekolah yang jenjangnya lebih tinggi. Nah, karena masa orientasi sekolah tidak lagi digelar, SMP Negeri Mrebet memilih membuat cara khusus menyambut siswa baru.

SMPN 1 Mrebet menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 18-20 Juli 2016 bagi 288 siswa baru. Dalam agenda itu, siswa kelas VII baru tersebut mendapatkan materi khusus dari guru, dokter hingga polisi.

Dalam keterangan persnya, SMPN 1 Mrebet memberikan materi tentang Kebijakan Umum Sekolah, Pengenalan Kurikulum 2013, Wawasan Wiyata Mandala, Tata Tertib Siswa, Tata Krama, Pengenalan Lingkungan, Sosialisasi Ekstrakurikuler, Sosialisasi Perpustakaan, Cara Belajar yang Baik dan Gembira Ria.

Pada MPLS 2016, anggota Polsek Mrebet, Aiptu Ismaun memberikan materi tata tertib berlalu lintas. Materi ini sengaja diberikan karena lokasi sekolah yang berada di jalur padat antara Purbalingga-Bobotsari. Jalur ini selalu ramai saat jam berangkat dan pulang sekolah.

Agus Triono SSi, Urusan Kesiswaan SMP Negeri 1 Mrebet berharap, dengan materi ini siswa menjadi lebih tertib berlalu lintas. “Terutama ketika naik angkutan yang biasanya ada yang sampai bergelantungan di pintu dan belakang angkutan sebab hal tersebut sangat berbahaya,” kata dia.

Sementara itu, dokter Herni Setiyawati, dokter dari Puskesmas Mrebet menyampaikan materi bahaya Narkoba dan Merokok. Untuk menarik perhatian peserta, pada sesi ini penyaji memutar tayangan film dokumenter tentang bahaya Narkoba dan Merokok.

Kepala Sekolah Wagito, S.Pd mengatakan kegiatan MPLS tahun pelajaran 2016/2017 ini lebih menekankan pengenalan lingkungan sekolah baik akademik maupun nonakademik. Ia berharap, materi yang diberikan bisa membantu siswa untuk lebih siap memasuki jenjang sekolah.

“MPLS kali ini juga sama sekali tidak ada perpeloncoan meskipun melibatkan pengurus OSIS tapi hanya sebagai pendamping peserta saja,” imbuh dia.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.