Pilihan

Ini Masalah Mahasiswa Ketika KKN di Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Bappeda Purbalingga menyebut keterbatasan dana masih menjadi kendala utama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh mahasiswa berbagai universitas di Purbalingga.

Tak hanya itu, secara berurutan kemampuan adaptasi mahasiswa di dalam masyarakat, kurangnya partisipasi masyarakat dan ketidakaktifan mahasiswa juga menjadi masalah yang kerap menghambat jalannya program KKN di desa.

Bappeda menyebut, kendala itu disusun berdasarkan survei terhadap mahasiswa KKN yang mengikuti KKN di Purbalingga dalam periode 2012-2015. Survey juga menyebut, mayoritas mayarakat membutuhkan pelatihan, kemudian pembangunan fisik dan pengajian.

Saat penerimaan mahasiswa KKN dari Universitas Jenderal Sudirman (Unsoed) dan Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP), Rabu 27 Juli 2016, Kepala Bappeda, Setiyadi menjelaskan akan ada 430 orang Mahasiswa KKN UMP dan 104 mahasiswa KKN Unsoed.

Mahasiswa KKN UMP ditempatkan di Kecamatan Kertanegara, Karangmoncol, Rembang dan Bukateja. “Untuk mahasiswa Unsoed terbagi 9 kelompok, yang ditempatkan di 3 kecamatan” kata Setiyadi.

KKN tematik rawan bencana digelar di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja. KKN Hibah bina desa dengan tema pengembangan produksi gula kelapa di desa Candinata, Kutasari.

KKN Pekerjaan Umum dengan tema pendampingan IPAL Komunal di Desa Prigi, Dawuhan, Karanggambas, Mipiran, Karangjambe dan Karangpule Kecamatan Padamara.

Sedangkan KKN internasional dengan tema pengolahan strawbery dan pengembangan pariwisata di tempatkan di Desa Serang. “Rencananya kita akan kedatangan 10 mahasiswa dari Jepang pada KKN tematik internasional,” Setiyadi mengungkapkan.

Bupati Purbalingga, Tasdi mengatakan dengan adanya KKN di Purbalingga banyak manfaat yang diperoleh. Desa yang ketempatan KKN akan lebih maju daripada desa yang tidak pernah ketempatan KKN. Adanya KKN Internasional bisa mendongkrak pariwisata di Purbalingga.

KKN UMP berlangsung 26 Juli – 31 Agustus, sedangan KKN Unsoed digelar 27 Juli – 31 Agustus. KKN UMP diserahkan oleh Wakil Rektor bidang kemahasiswaan, Ir Aman Suyadi MAP dan KKN Unsoed diserahkan oleh Wakil Rektor III Dr Ir V Prihananto MSi.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.