Gaya

Jalan Kaki Bisa menjadi Solusi Mudah Mengatasi Depresi

BRALING.COM, PURBALINGGA – Depresi bisa menghinggapi siapapun dan kapanpun. Penyebabnya beraneka ragam. Bila tidak ditangani dengan tepat, depresi kecil akan memicu terjadinya depresi yang mengganggu kejiwaan.

Penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Mental Health and Physical Activity menyebutkan bahwa jalan kaki merupakan salah satu cara sederhana untuk mengurangi depresi. Berjalan kaki dinilai bisa membantu seseorang untuk melepaskan emosinya.

“Berjalan kaki dapat mengalihkan rasa khawatir,” kata Profesor Adrian Taylor, peneliti yang berasal dari Universitas Exeter, Inggris seperti dikutip dari National Geographic Indonesia. Terapi jalan kaki ini mudah dilakukan, murah, dan bisa dilakukan kapan pun.

Jalan kaki juga diyakini membantu penguatan tulang, mengontrol berat badan, serta memaksimalkan fungsi jantung, sampai menyehatkan paru-paru. Pimpinan peneliti, Paul Farmer berkata, hasil maksimal dari terapi ini bisa diperoleh dengan melakukan jalan kaki di luar ruangan secara bersama-sama.

“Berolahraga dengan orang lain dapat berdampak lebih besar, karena di sanalah kesempatan untuk memperkuat jaringan sosial, membicarakan masalah dirinya dengan orang lain atau hanya tertawa, bersepeda, berkebun, atau bahkan renang di perairan terbuka,” kata dia.

Walau demikian, perlu ada penelitian-penelitian lanjutan guna menjawab beberapa hal yang belum terjawab: apakah jalan kaki itu itu harus cepat atau lambat, dan apakah berjalan di dalam ruangan memang termasuk dapat berpengaruh terhadap depresi.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.