Pawarta

Pemkab Purbalingga Bagikan 2800 Sertifikat Tanah

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga menyerahkan 2.800 sertifikat tanah. Langkah ini diharapkan bisa menekan risiko terjadinya konflik lahan di Kota Perwira.

Penyerahan simbolik dilakukan oleh Bupati Purbalingga di Pendapa Dipakusuma, beberapa waktu lalu. Penyerahan sertifikat itu ialah sebagian program pensertifikatan tanah dari Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga sebanyak 5.750 sertifikat.

Data dari Kantor Pertanahan Purbalingga menyebutkan 4.500 bidang program prona, 300 bidang program petani, 200 bidang program UKM. Redistribusi tanah 250 bidang, konsolidasi tanah sebesar 200 bidang dan 50 bidang program darah.

Untuk Program Prona meliputi 450 bidang di Desa Darma Kecamatan kertanegara, 450 bidang di Desa Krangean, Desa Kaliori Kecamatan Karanganyar 550 bidang, Desa Pengempon Kecamatan Kejobong 500 bidang. Desa Selakambang Kecamatan Kaligondang 500 bidang, Desa Wanogara Wetan 550 bidang dan DesaTidu Kecamatan Bukateja 300 bidang.

Sertifikat tanah petani 300 bidang di desa Losari dan 200 bidang di Desa Sumampir. Sertifikat UKM di Desajar 100 bidang, Kaligondang 50 bidag dan Kembaran Wetan 50 bidang. Redistribusi tanah  di Desapanusupan sebayak 25o bidang.

Konsolidasi Tanah 200 bidang di Desa Makam. Serta inventarisasi penguasaan, pe,ilikan, penggunaan tanah dan pemanfaatan tanah sebnayak 2500  bidang di desa Penggandekan Kecamatan Kemangkon.

Bupati Tasdi berhadap sertifikat tanah bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Yakni bisa digunakan untuk hal-hal yang produktif dan bisa untuk menyekolahkan anak ke jenjang yang lebih tinggi.

“Utang boleh, namun digunakan untuk usaha produktif, sehingga bisa meningkatkan pendapatan yang lebih baik,” kata Bupati.

Kepala Kanwil BPN Jawa Tengah, Lukman Hakim berkata, di Jateng baru ada 56% tanah bersertifikat. Pada tahun 2016 Program sertifikasi tanah di Jateng mempunyai kuota 99 ribu sedangkan untuk tahun 2017 naik menjadi 320 ribu. “Dengan adanya sertifikat diharapkan dapat meninimalisir konflik baik konflik,” katanya.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.