Pawarta

Sebelum Terjung ke Desa, BNP2TKI Bekali Mahasiswa KKN Unsoed

BRALING.COM, PURBALINGGA – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menggandeng Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dalam pembekalan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode Juli-Agustus 2016.

Pembekalan terhadap 2.516 mahasiswa KKN ini dilakukan karena lima kabupaten yang menjadi lokasi KKN Unsoed merupakan kantong-kantong TKI. Pembekalan diberikan oleh Deputi Penempatan BNP2TKI Dr Agusdin Subiantoro di Auditorium Jenderal Soedirman Unsoed pada Selasa, 26 Juli 2016.

“Kabupaten-kabupaten itu antara lain, Cilacap, Tegal, Brebes, Banjarnegara, dan Kebumen,” jelas Agusdin. Karena itulah, pembekalan itu dibutuhkan untuk membantu mengedukasi masyarakat tentang pemahaman kerja di luar negeri.

Terutama tentang masalah yang selama ini kerap disebut membelit TKI. Menurut Agusdin, selama ini, TKI yang kena masalah jumlahnya relatif sedikit dan hanya yang kerja di sektor informal. “Ke depan, akan diperkuat TKI formal atau TKI profesional yang mempunyai keterampilan,” kata dia.

Agusdin berpesan kepada mahasiswa KKN agar dapat berkomunikasi dengan masyarakat desa dalam mengubah stigma terkait TKI. “Jangan lagi ada pandangan negatif terhadap TKI karena mereka berkontribusi besar terhadap Indonesia,” ujarnya.

Rektor Unsoed Dr Achmad Iqbal MSi mengatakan, arti kerjasama ini bahwa Unsoed diberi kepercayaan oleh Pemerintah dalam hal ini BNP2TKI agar lewat mahasiswa KKN memberikan informasi dan sosialisasi terkait TKI.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.