Pilihan Plesir

Tren Kunjungan Wisata Selama Libur Lebaran Menggembirakan, Benarkah?

BRALING.COM, PURBALINGGA – Dinbudparpora Purbalingga mencatat ada 165.612 wisatawan yang dolan ke Purbalingga, selama libur Lebaran 1437 H. Owabong menjadi penyumbang jumlah wisatawan terbanyak di objek wisata yang dikelola pemerintah.

“Berdasarkan pemantauan di sejumlah destinasi wisata, para pengelola menyatakan ada sedikit kenaikan jumlah pengunjung dibanding  pada libur lebaran tahun lalu,” kata Kepala Bidang Pariwisata pada Dinbudparpora Purbalingga, Ir Prayitno MSi dalam keterangan persnya kepada Braling.com.

Dinbudparpora Purbalingga yakin bahwa jumlah wisatawan akan terus bertambah. Sebagai informasi, Dinbudparpora Purbalingga menarget kunjungan wisatawan sebanyak 250 ribu, jumlah ini dihitung mulai H+1 sampai dengan H+10.

Prayitno merinci, data sementara dari pengelola sejumlah destinasi wisata antara lain, kunjungan ke Owabong sebanyak 60.000 orang, Sanggaluri Park menarik sekitar 10.000 wisatawan, Goa Lawa 14.111, Taman Wisata Purbasari Pancuranmas 19.000, dan sejumlah destinasi lain.

Untuk kunjungan wisatawan ke desa wisata, Prayitno mengklaim, tren kunjungannya sangat bagus. Jika tahun lalu, kunjungan ke sejumlah desa wisata hanya 13.405 wisatawan, tahun ini sudah menembus 42.501 wisatawan.

Desa yang banyak dikunjungi masing-masing adalah Desa Serang, Karangreja, Desa Panusupan (Rembang), Desa Tanalum (Rembang), Desa Karangcegak (Kutasari), Desa Kedungbenda (Kemangkon), Desa Onje (Mrebet).

Direktur Perusahaan Daerah (PD) Owabong, Wisnu Haryo Danardono menyebut Ombak Sagara sebagai penari kunjungan wisatawan. “Para wisatawan kebanyakan dari luar kota, atau wisatawan lokal yang mengajak kerabat dari luar kota yang tengah berkunjung ke Purbalingga,” kata Wisnu.

Wisatawan yang datang ke desa kami, kebanyakan menikmati petik stroberi dan sebagian lainnya bercengkerama menikmati hawa sejuk di rest area Lembah Asri,” kata Sugito, Kepala Desa Serang. Jalur ke Serang sempat mengalami kemacetan.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.