Pawarta Pilihan

Warga Papeling Harus Guyub dan Memperkenalkan Potensi Purbalingga

BRALING.COM, JAKARTA – Warga Purbalingga yang sedang merantau harus terus membina keguyuban. Tidak hanya itu, wong braling juga diharapkan bisa terus mengibarkan seni dan budaya khas Kota Perwia.

Harapan itu disampaikan Ketua Umum Paguyuban Perantau Purbalingga, Wahyu Triono saat Halal bihalal Paguyuban Perantau Purbalingga (Papeling) yang digelar di Pusdiklat Wirasandi Cijantung Jakarta Timur, Minggu 31 Juli 2016.

Kini, Papeling sudah memiliki 12 korwil
Kini, Papeling sudah memiliki 12 korwil

Gelaran yang juga digelar untuk memeringati HUT ke 3 Grup Tek-tek Paduan Nada dan Suara alias Pandawa. Grup tek-tek ini sendiri sangat konsisten memperkenalkan seni musik tradisional di Ibukota. Bahkan pernah tampil di beberapa stasiun televisi.

Kegiatan ini pun sangat meriah. Sebab, tak hanya grup Tek-tek Pandawa yang tampil, namun juga ada penampilan musik gending dari Papeling Bogor. Kemudian juga ada penampilan lengger banyumasan, ebeg sampai musik calung.

Terlebih setelah salah satu tokoh Papeling, Purbadi Hardjo Prajitno turun untuk ikut berjoged dengan grup tek-tek. Seketika itu para pengurus dan warga Papeling pun tumplek blek di area depan panggung.

Dalam keterangan pers yang diterima Braling.com, Ketua pelaksana acara, Rohman Halim berkata bahwa penampilan dari kelompok kesenian dari warga perantauan ini menjadi bukti konsistensi Papeling terhadap pelestarian budaya asli purbalingga.

Kantong SIP Program Limangatus Seporete dibuka
Kantong SIP Program Limangatus Seporete dibuka

Pada pertemuan itu juga dibuka kantong Sodakoh infaq Papeling atau SIP. Kantung SIP merupakan bagian dari program “Limangatus Seporete” yang sudah dibagikan ke anggota papeling yang mau menyisihkan uang Rp 500. Dana yang dikumpulkan untuk membantu warga Papeling yang tertimpa musibah.

Selain itu, Agenda halal bihalal ini juga dijadikan kesempatan untuk mengukuhkan korwil baru. Yakni Korwil Bandung, Karawang Purwakarta (Kapur) dab Bogor Barat. Kini, Papeling sudah memiliki 12 korwil.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.