Pawarta Pilihan

Ayo Ikuti Aksi Gerakan Tangan Merdeka di Desa Majapura!

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kemerdekaan Indonesia harusnya tidak dimaknai sebagai kebebasan dari penjajah semata. Namun semestinya menjadi landasan bagi masyarakat untuk selalu bertindak kreatif serta mengedepankan persatuan bangsa.

“Semangat itu yang ingin kami tularkan dalam aksi Gerakan Tangan Merdeka,” kata Agung Sunarko, Ketua Karangtaruna Wirabumi Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari, Selasa 9 Agustus 2016.

Gerakan Tangan Merdeka merupakan aksi bergandengan tangan di sepanjang jalan Desa Majapura dan Kalapacung. Agenda yang digagas oleh Karangtaruna Wirabumi dan Pemerintah Desa Majapura untuk menyemarakan HUT RI ke 71 tahun ini bakal digelar Rabu 17 Agustus 2016, pukul 14.00.

Rencananya, peserta aksi ini akan berdiri berjejeran di pinggir jalan sepanjang 2,3 Km. Dengan satu aba-aba, seluruh peserta Gerakan Tangan Merdeka akan bergandengan tangan dalam beberapa menit. “Targetnya ada 1945 orang yang terlibat,” ungkap Agung.

Panitia sudah mengajak warga desa serta perwakilan instansi seperti SMK Maarif NU Bobotsari, SMA N 1 Bobotsari, SMP N 1 Bobotsari, Pemuda Pancasila, FKPPI, GP Ansor, Karangtaruna Kecamatan Bobotsari, Pemerintah Kecamatan Bobotsari bahkan Bupati Purbalingga dan jajarannya.

Namun, kata Agung, aksi massal ini tetap terbuka untuk umum dan siapapun di Purbalingga. “Ini adalah aksi sukarela bagi siapapun yang menginginkan persatuan Indonesia,” kata Agung kepada Braling.com.

Kepala Desa Majapura, Retno Hendarwati mengatakan, pemerintah desa sudah bergerak untuk berkoordinasi dengan warga desa melalui ketua RT dan RW. “Semua telah siap mendukung acara ini,” kata dia.

Endra Yulianto, Anggota DPRD Purbalingga yang tinggal di Desa Majapura berkata, Gerakan Tangan Merdeka menjadi simbol bahwa momentum kemerdekaan Indonesia itu harus diisi dengan semangat menjaga persatuan bangsa. “Kita harus bergandengan tangan menjaga persatuan,” kata¬†Endra.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.