Pawarta Pilihan

Desa di Purbalingga Harus Memiliki BUMDes Dong

BRALING.COM, PURBALINGGA – Seluruh desa yang ada di Kota Perwira ini diminta untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes. Program ini dinilai penting untuk semakin mewujudkan kemandirian desa.

Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi meminta seluruh desa segera mengembangkan BUMDes. Namun, Pemerintah Kabupaten Purbalingga, tidak ingin BUMDes yang dibuat asal-asalan saja.

“Ini butuh inovasi dan kreativitas yang tinggi. Kalau desanya mau maju maka kedepan Pak Kades harus punya ide-ide kreatif untuk mengangkat potensi yang ada di desa,” kata Wabup Tiwi, sapaannya.

Saat Pembinaan BUMDes di Ruang Rapat Ardi Lawet Setda Purbalingga, Selasa 23 Agustus 2016, Wabup Tiwi berharap alokasi dana desa yang berlimpah harus bisa diberdayakan untuk mendorong kemajuan potensi dan sumber daya lokal di desa.

“Desa jangan hanya bergantung kepada bantuan pemerintah saja tetapi desa harus bergerak mengembangkan unit-unit usaha di desa agar dapat mengembangkan potensi dan sumber daya lokal yang ada,” kata Wabup Tiwi seperti dalam keterangan pers Humas Pemkab Purbalingga.

Saat ini, dari 224 desa baru ada 161 unit BUMDes dan 13 BUMDes bersama. Dari 161 BUMDes yang ada hanya 37 persen atau 60 unit usaha yang yang sehat. “Yang lain kondisinya mati suri karena pengelolaanya yang belum optimal,” kata dia.

“Diantaranya karena kesulitan menentukan usaha dan belum ada inovasi. Kebanyakan BUMDes hanya berusaha dibidang jasa simpan pinjam, pengelolaan air bersih dan persewaan alat,” Tiwi menambahkan.

Dalam forum itu, Staf Ahli Gubernur Jawa Tengah Bidang Pemerintahan DR Ir Ihwan Sudrajat berkata, pengembangan BUMDes dapat menjadi tonggak APBDes dan agen pembangunan di desa. BUMDes jangan hanya dikelola menjadi jasa simpan pinjam saja.

Menurut Ihwandi, banyak potensi di desa seperti pariwisata, UMKM, pengelolaan asset desa seperti banda desa, gedung pertemuan dan jasa lainnya. Bahkan tidak menutup kemungkinan BUMDes dapat mengelola berbagai proyek fisik yang ada didesa.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.