Pilihan

Tahun 2017, Pemkab Purbalinga Siap Perbaiki Ribuan RTLH

BRALING.COM, PURBALINGGA – Tahun 2017 mendatang, Pemerintah Kabupaten Purbalingga bisa memperbaiki rumah tidak layak huni (RTLH) sedikitnya sebanyak 1.280. Ribuan rumah itu akan diperbaiki dengan duit dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Persiapan perbaikan RTLH ini sudah dibahas pada Rapat Verifikasi Kegiatan Rehabilitasi RTLH Bantuan Gubernur Tahun Anggaran 2017, di Operation Room Graha Adiguna, Rabu 3 Agustus 2016. Jumlah bantuan itu meningkat 500% dibanding tahun 2016 ini.

Arif Hendarmanto dari Dinas Cipta Karya Tata Ruang Provinsi Jawa Tengah menjelaskan, Gubernur Jateng berharap bahwa penanganan masalah kemiskinan di tingkat kabupaten ataupun kota bisa ditangani secara sinergi dengan pemprov maupun pusat. Penerima bantuan RTLH tahun depan harus sudah dterdaftar dalam PBDT 2015.

Sekretaris Bappeda Purbalingga Much Umar Faozy berkata, pada PBDT 2015 jumlah RTLH di Kota Braling menembus 69.601. Sedangkan, pemkab hanya mencatat ada 27.533 unit RTLH. Artinya, terdapat selisih 42.068 RTLH.

Kata Umar Faozy, selisih ini karena masih ada rumah yang bukan kategori RTLH masih terdata pada PBDT 2015. Misalnya, rumah yang berlantai keramik dan dinding tembok. “Kita sudah cek  ulang dan kita memiliki datanya by name by address,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Budaya Bapermasdes Purbalingga Eko Meiyono menjelaskan pada tahun ini, Pemkab sudah mengalokasikan perbaikan 2.150 unit RTLH. “Pada 2017 rencananya akan dianggarkan untuk penanganan 3000 unit,” kata dia.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.