Pawarta Plesir

Ini Konsep Holding Company untuk Bisnis Wisata Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah raga (Dinbudparpora) terlihat sangat antusias terhadap perencanaan pembentukan holding company di sektor pariwisata. Sebenarnya, konsep holding company ini semacam apa?

Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga, Ir Prayitno MSi berkata, perusahaan dengan status Perusahaan Umum Daerah (Perumda) ini akan diberi nama Purbalingga Wisatatama atau akan disingkat dengan sebutan Perumda Purbawisatatama.

“Dalam pembahasan awal, Perumda ini nantinya akan membawahi tiga unit usaha yakni wisata pendidikan dan waterpark, wisata alam, dan wisata religi – budaya,” kata Prayitno dalam keterangan pers Dinbudparpora Purbalingga.

“Daya tarik wisata yang saat ini dikelola oleh Dinbudparpora akan masuk dalam unit usaha tersebut. Daya tarik itu terdiri pendakian Gunung Slamet, Goa Lawa, Adventure zone dan Bumi perkemahan Munjuluhur, serta Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman,” imbuh dia.

Prayitno mengungkapkan, selain Purbalingga, perumda semacam ini sudah diterapkan di beberapa kabupaten dan kota di Jateng dan Banten. Seperti Pemkot Semarang yang membuat holding untuk mengelola daya tarik wisata Taman Margasatwa, Rumah Potong Hewan dan percetakan.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.