BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga menegaskan bahwa penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) harus berlangsung sukses. Kota Perwira bakal menggelar pilkades pada Minggu 27 November 2016.

Dalam sambutan yang dibaca Asisten Administrasi Sekda Purbalingga Gunarto saat Pentas Kesenian Uyon di Pendapa Dipokusmo Selasa 20 September 2016, Bupati meminta penyelengaraan pilkades sukses secara yuridis, partisipatif, teknis, administratif, sosiologi serta sukses keamanannya.

Sukses secara yuridis yang dimaksud adalah pilkades harus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. “Sukses partisipatif adalah pada pelaksanaan pemungutan suara diikuti oleh sebanyak mungkin pemilih, syukur-syukur bisa 100 persen,” kata Bupati.

Sukses teknis dan administratif adalah seluruh tahapan didukung dengan administrasi yang baik serta benar juga dapat dipertanggungjawabkan. Sukses sosiologis yakni agar kegiatan tersebut menghasilkan kades yang terpilih sesuai keinginan masyarakat.

Sementara, Bupati Purbalingga menjelaskan, sukses dalam hal keamanan berarti, semua tahapan harus tetap berjalan aman, tertib dan terkendali, baik sebelum maupun pada akhir pilkades.

BANGKIT WISMO