Gaya Pilihan

Purbalingga Menyeduh Kopi Habiskan 7 Kg Biji Kopi

BRALING.COM, PURBALINGGA – Penyuka kopi di Purbalingga terus-menerus mengalami pertumbuhan. Ini terbukti dengan antusiasme yang muncul saat agenda “Purbalingga Menyeduh Kopi untuk Dunia” digelar, Minggu 25 September 2016.

Pada agenda yang digelar di halaman parkir Stadion Goentoer Darjono Purbalingga, Minggu pagi, Komunitas Kopi Purbalingga mencatat ada 7 kilogram biji kopi yang ludes dikonsumsi oleh para pengunjung.

Antusiasme itu muncul salah satunya karena panitia menyediakan 200 cup kopi robusta Purbalingga secara gratis. Selain itu, ada juga sejumlah kopi dari daerah lain. Tak heran jika event yang baru kali pertama digelar ini berhasil menyedot perhatian dari penikmat kopi dari kota tetangga.

Salah satu pengunjung asal Purwokerto, Saras, 22 tahun, mengaku mencicipi tiga jenis kopi yang diracik langsung oleh para barista. Diantaranya, kopi arabika Sidikalang, robusta Kedoya dari Purbalingga dan Cappucino latte.

“Untuk yang original, arabikanya sedap. Robusta asli Purbalingga juga mantap,” ujar Saras yang memang sudah suka ngopi ini. Meski harus mengantre, Saras puas menikmat wisata lidah di tempat terbuka.

Ajang ini menjadi arena pengenalan kopi lokal Purbalingga
Pecinta kopi menikmati kopi lokal Purbalingga

Di kota besar lainnya, hal semacam ini kerap digelar. Bagi Saras, kegiatan ini menarik bagi masyarakat untuk mengenalkan potensi kopi nusantara. “Kopi Indonesia itu enak-enak kok,” tambahnya.

Di pagi itu, pegiat Komunitas Kopi Purbalingga yang didukung oleh komunitas kopi dari Banjarnegara, Banyumas dan Cilacap juga menyuguhkan kopi arabika dan robusta dari berbagai daerah di nusantara. Khusus untuk biji kopi robusta Purbalingga dibagikan secara gratis kepada pengunjung.

“Acara ini untuk mengenalkan potensi kopi lokal Purbalingga dan mengkampanyekan kopi Nusantara kepada masyarakat pecinta kopi, agar kopi Nusantara makin mendunia, sekaligus untuk menyambut hari Kopi Dunia tanggal 1 Oktober,” kata Subhan, koordinator acara.

Pengunjung yang menikmat kopi, akan diberi 1 buah voucher berupa 50 gram biji kopi, untuk ditukarkan di kedai-kedai yang sudah ditunjuk. Dan saat menukarkan voucher, pelanggan juga akan diajak belajar bersama tentang menyeduh kopi sesuai seleranya, serta disediakan hadiah doorprize.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.