Gaya Pilihan

Keren! Pelajar Purbalingga Menangkan 2 Penghargaan AFI 2016

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pelajar Purbalingga yang sekolah di SMA Negeri 1 Rembang sukses membawa pulang dua piala Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016. Malam penganugrahan AFI 2016 digelar di Grand Kawanua Convention Centre Manado, Sulawesi Utara, Sabtu, 8 Oktober 2016.

Dua film yang sama-sama berlatar Korban ’65 tersebut ialah “Kami Hanya Menjalankan Perintah, Jenderal!” dan “Izinkan Saya Menikahinya”. Menariknya, saat masa produksi, tim produksi dua film yang mendapat Piala Dewantara itu tidak mendapatkan dukungan dari sekolahnya.

Kami Hanya Menjalankan Perintah, Jenderal!” sutradara Ilman Nafai raih Film Terbaik kategori Apresiasi Film Dokumenter Pelajar/Mahasiswa. Film tentang tiga eks-Cakrabirawa asal Purbalingga yang berkisah bagaimana kejadian dimalam tragedi itu dan hari-hari setelahnya.

“Penghargaan ini untuk para korban ’65 yang selama ini tidak pernah mendapat pengakuan resmi Negara. Dan penghargaan bagi dunia film di Banyumas Raya. Karena film, kami jadi belajar bagian sejarah kelam Indonesia,” kata Ilham melalui keterangan pers yang dibagikan CLC Purbalingga..

Film “Izinkan Saya Menikahinya” sutradara Raeza Raenaldy Sutrimo raih Film Terbaik kategori Apresiasi Film Pendek Pelajar. Film yang diangkat dari kisah nyata ini berkisah tentang kebahagiaan Suryati yang terenggut lantaran sepucuk surat penolakan izin menikah dari atasan calon suaminya, Suryono, dengan alasan KTP kakek Suryati berlabel ET (eks-tapol).

Menurut Raeza, tidak mudah membuat film berlatar korban ’65 karena efeknya, ekskul sinematografi dimana selama ini mereka belajar film, dibubarkan sepihak oleh sekolah.

“Kami menganggap ini resiko berkarya, karena sejatinya tidak ada yang bisa membendung kreativitas. Beruntung, masih ada Cinema Lovers Community (CLC) yang menjaga kami,” kata Raeza.

Dua film yang diproduksi tahun 2016 di bawah bendera Gerilya Pak Dirman Film ini juga menjadi Film Dokumenter dan Film Fiksi Terbaik Pelajar SMA se-Banyumas Raya di ajang Festival Film Purbalingga (FFP) Mei 2016 lalu.

BANGKIT WISMO

One thought on “Keren! Pelajar Purbalingga Menangkan 2 Penghargaan AFI 2016”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.