Pawarta

Pancasila Jawaban Atas Rumitnya Permasalahan Indonesia

BRALING.COM, BANYUMAS – Tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara kian kompleks. Kecanggihan teknologi, masyarakat yang mudah terprovokasi hingga berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sangat berpengaruh pada kehidupan bermasyarakat sekarang ini.

Kondisi ini, menurut Siti Mukaromah SAg, Anggota FPKB DPR/MPR RI harus disikapi dengan menguatkan pondasi kebangsaan dengan menggunakan nilai-nilai Pancasila. Ia mengatakan itu saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, di Balai Desa Kembaran, Banyumas, berapa waktu lalu.

Menurut anggota dewan yang akrab dipanggil Erma ini, Pancasila merupakan media yang efektif untuk mengatasi masalah seperti radikalisme, terorisme, disintegrasi bangsa, konflik horisontal, penyalahgunaan NAPZA, chauvinisme, rasial, hingga degradasi moral dan budaya.

Kata Erma, Pancasila sebagai dasar negara yang bersifat final. “Oleh karenanya kita sudah semestinya sebagai generasi penerus untuk senantiasa mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilainya di dalam setiap aktivitas,” kata dia.

Pengamalan nilai-nilai Pancasila juga bisa menguatkan Bangsa Indonesia dalam menghadapi MEA. Karena dalam Pancasila terkandung komitmen untuk melakukan penguatan koperasi, UMKM, IKM serta kegiatan perekonomian lainnya yang berbasis masyarakat.

BANGKIT WISMO

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.