Pilihan Plesir

Pelaku Desa Wisata Diajak Belajar Kelola Wisata di Desa Cibuntu

BRALING.COM, PURBALINGGA – Dinbudparpora Purbalingga mengajak 10 pegiat kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan tenaga pendamping desa wisata di Kota Perwira ke Desa wisata Cibuntu, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan, Jabar.

Mereka di sana mengikuti agenda peningkatan kapasitas sumberdaya manusia. Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga, Ir Prayitno MSi bilang, pesertanya dipilih dari personal-personal yang memang berhasrat untuk maju dan mampu menggerakan timnya.

Desa Cibuntu sendiri dpilih karena dianggap memiliki kemiripan dengan sejumlah desa wisata di Purbalingga yang memanfaatkan potensi alam sebagai andalan kunjungan wisata. Di desa itu, banyak tersedia situs-situs purbakala yang masih dirawat dengan baik oleh warga.

“Meski SDM mereka terbatas, namun mereka memandu dengan baik, dan bahkan mampu meyakinkan pengunjung dengan mitos yang ada. Seperti Cikahuripan, konon yang meminum airnya bisa awet muda dan selalu sehat,” kata Prayitno.

Salah satu peserta, Fatah dari Pokdarwis Desa Wisata Tanalum Kecamatan Rembang mengatakan, banyak hal yang bisa dicontoh di Cibuntu, utamanya dalam hal pengelolaan SDM. Partisipasi pelaku desa wisata, perangkat desa dan masyarakat sangat patut ditiru.

 

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.