Pawarta Pilihan

Ribuan Siswa SD Ikut Gerakan Menulis dengan Tangan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Gerakan literasi terus digaungkan di Nusantara. PT Standardpen Industries, Kuda Pustaka dan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Karangreja pun berusaha melestarikan budaya literasi dengan menggelar program Gerakan Menulis dengan Tangan.

Purbalingga menggelar program keren ini dengan melibatkan sekitar 1000 siswa SD yang ada di Kecamatan Karangreja. Gerakan ini digelar di Rest Area Desa Serang, Karangreja, Selasa 18 Oktober 2016.

Anak-anak dari SD 1 Serang, SD 2 Serang, SD 3 Serang, SD 4 Serang, SD 5 Serang, MI Serang, SD 1 Kutabawa, SD 3 Kutabawa itu diajak untuk harapan, cita-cita, cerita tentang alam dan desa mereka yang dituangkan dalam surat untuk Presiden RI.

Relawan Gerakan Menulis dengan Tangan, Nury Sibly berkata program ini dikembangkan seiring tergerusnya hoby menulis dengan tangan, karena perkembangan gadget. Padahal menulis dengan tangan itu bisa mengasah motorik anak lebih kreatif, bisa lebih mengingat apa yang dipelajari.

“Gerakan ini kita bangun di Indonesia dimulai dari kepulauan untuk mengajak anak-anak kembali menulis. Ini bukan PRnya guru saja, bukan PR orangtua saja namun PR kita bersama untuk mengajak kembali anak-anak menulis dengan tangan,” kata Nury.

Menulis surat kepada presiden, tidak hanya tentang semangat membangun komunikasi namun juga memotivasi anak-anak supaya tak takut bercita-cita menjadi presiden. “Meskipun mereka tinggal di kaki gunung slamet, tapi boleh loh mereka menjadi anak-anak yang hebat,” kata dia.

Pendiri Kuda Pustaka, Ridwan Sururi mengatakan gerakan menulis dengan tangan semata-mata untuk membantu anak-anak sekolah agar gemar menulis lagi. “Budaya menulis anak-anak sekarang sangat jauh dibandingkan waktu saya kecil. Sekarang bisa di lihat di sekolah apa ada anak yang tulisnnya bagus seperti orang-orang terdahulu,” kata dia.

BANGKIT WISMO

 

One thought on “Ribuan Siswa SD Ikut Gerakan Menulis dengan Tangan”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.