Pawarta

SMP Negeri 3 Purbalingga Raih Juara III LPSN 2016

BRALING.COM, PURBALINGGA – Dengan mengangkat kisah kepahlawanan Jenderal Soedirman, Tim Fans Mindset of Using Scientific (Famous) SMP Negeri 3 Purbalingga berhasil meraih medali perunggu pada Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) di Jakarta, 25-29 September 2016.

Dalam kompetisi yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) itu, Anggita Wahyu Listyaningrum, Enriko Dzaki Pradana dan Esha Pradani presentasi makalah “Menggali Jejak Jiwa Kepemimpinan Jenderal Soedirman melalui Kajian Studi Pustaka Monumen Tempat Lahur (MTL) di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah”.

“Prestasi anak-anak sangat menggembirakan. Mereka baru pertama kali ikut lomba ini, sedangkan saingan mereka dari seluruh provinsi di Indonesia. Ini menunjukkan kualitas siswa kami tidak kalah dengan para siswa dari kota-kota besar,” kata Kepala SMP 3 Purbalingga, Haryono.

Baca : Presentasi Semangat Jenderal Soedirman, Siswa SMPN 3 Purbalingga Ke Jakarta

Mereka dibimbing oleh guru Khusnul Ikhsan dan Khadzik Mahmudi. Proses penggarapan karya tulis mulai dari observasi selama sebulan. Pada 31 Agustus lalu, mereka mengirimkan naskah karya tulis ke panitia dan lolos seleksi naskah.

Sebelum berangkat ke Jakarta, mereka dibina di sekolah dan di Semarang oleh dosen Universitas Negeri Semarang (Unnes). Namun saat presentasi, hanya Anggita yang datang ke Jakarta.

“Di Indonesia saat ini dinilai tengah mengalami krisis keteladanan dan kepemimpinan. Jenderal Soedirman sendiri merupakan putra Purbalingga yang memiliki jiwa kepemimpinan teladan. Nah, sisi itu kami ambil agar bisa diteladani oleh semua orang,” kata Anggita.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.