Pawarta

Alokasi Dana Ditambah, Karangtaruna Harus Tangani Masalah Pemuda

BRALING.COM, PURBALINGGA – Meski Purbalingga berhasil merebut Juara II Karangtaruna Berprestasi Jawa Tengah 2016 melalui kiprah Karangtaruna Wirabumi Desa Majapura, Pemkab Purbalingga masih menilai kiprah karangtaruna di Kota Braling mengecewakan.

“Saya masih cukup kecewa dan masih belum terlalu berbangga, karena masih ada 224 desa 18 kecamatan yang seharusnya ada perwakilan karangtaruna, akan tetapi dari karangtaruna yang ada hanya tiga  berjalan atau yang lainnya mati suri istilahnya,” kata Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi.

Walau demikian, Pemkab Purbalingga tetap akan menaikan anggaran untuk karangtaruna melalui pos anggaran di Dinsosnakertrans. Jika tahun 2016, karangtaruna mendapatkan alokasi dana Rp 68 juta, maka tahun depan dana yang dialokasikan mencapai Rp 300 juta.

Dana sebanyak itu diharapkan bisa terserap dengan efektif dan efisien melalui berbagai program di level desa. Wabup Tiwi meminta program segera dirancang untuk turut mengatasi berbagai masalah sosial yang menjerat pemuda Kota Perwira.

Baik Bupati maupun Wabup Purbalingga menilai semestinya karangtaruna menjadi sarana generasi muda kian jauh dari berbagai kegiatan negatif. “Banyak kasus-kasus pelecehan seksual dilakukan oleh generasi muda sehingga saya sebagai seorang perempuan dan juga seorang ibu merasa miris,” kata Wabup.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.