Pawarta Pilihan

Beban DP Beli Rumah Bakal Semakin Ringan Loh!

BRALING.COM, PURBALINGGA – Keputusan Bank Indonesia memberikan kelonggaran Loan to Value (LTV) membuat peluang masyarakat untuk segera memiliki rumah semakin besar. Kini, sudah saatnya mengatur strategi untuk menyiapkan dana pembayaran uang muka (DP).

Seperti diketahui, Bank Indonesia memberikan kelonggaran LTV berupa pembayaran hanya DP sebesar 15% untuk pembelian rumah tapak pertama. Serta DP 20% berlaku untuk rumah kedua dan 25% untuk pembelian rumah ketiga. Dengan catatan, luas rumah melebihi ukuran 70 meter persegi.

Selain itu, seperti dikutip dari Marketeer.com, pada rumah tapak dengan luas bangunan 22-70 meter persegi, perubahan LTV ini mengharuskan konsumen melunasi DP hanya 15% untuk rumah kedua dan 20% bagi rumah ketiga.

Meski kian mudah, skema pembayaran DP juga harus tetap dipersiapkan. “Inti dari mempersiapkan uang DP adalah menyisihkan dana dari penghasilan. Alatnya bisa berbeda-beda,” ujar Eko Endarto, perencana keuangan dari Finansia Consulting dalam keterangan resmi Rumah.com.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan uang DP. Yakni, menggunakan reksadana, menabung ataupun arisan. Tetapi, Eko menegaskan, jangan sekali-kali mengumpulkan uang DP dari berhutang kepada pihak lain karena hanya akan membuat beban kian berat.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.