Pilihan Plesir

Benarkah Masa Depan Purbalingga Ada di Sektor Pariwisata?

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pertumbuhan desa-desa wisata dan berbagai objek wisata di Kabupaten Purbalingga dinilai sebagai pertanda yang baik. Hal ini karena sektor pariwisata dianggap memberikan peluang peningkatan pendapatan yang jauh lebih merata.

Kepada Braling.com, Pemerhati Tata Kota, Kris Hartoyo berpendapat bahwa industri pariwisata jauh lebih baik dibandingkan industri manufaktur yang berkembang sekarang ini. Terutama, dalam hal peran serta masyarakat dan kesejahteraan mereka.

“Kalau industri seperti sekarang ini, masyarakat cuma menjadi objek. Kalau di pariwisata kan masyarakat menjadi subjek,” kata Kris Hartoyo. Posisi subjek yang dimaksud di sini ialah peran sebagai pengembang potensi wisata, bukan penonton semata.

Dampak positif ini akan semakin mudah tercapai jika pemerintah kabupaten dan masyarakat mengembangkan wisata berbasis desa. Menurut Kris Hartoyo, banyak desa di Purbalingga yang potensi alam dan budayanya bisa dipoles menjadi senjata menarik wisatawan.

“Menurut saya, wisata itu nggak harus soal keindahan, tapi tentang hal-hal yang berbeda dengan yang lain. Potensi yang dikembangkan itu harus mewujudkan rasa kagum dan rasa senang,” ujar Kris Haryoto, beberapa waktu lalu.

Secara terpisah, Kabid Pariwisata pada Dinbudparpora Purbalingga Ir Prayitno MSi menyebutkan bahwa Pemkab memang serius untuk mengembangkan Purbalingga sebagai daerah tujuan wisata. Ini karena pariwisata dianggap punya kemampuan untuk menggerakan roda perekonomian.

Apalagi, dengan pengembangan infrastruktur jalan tol di kawasan pantura dan bandara di wirasaba yang terus diupayakan realisasinya. “Peluang emas ini harus disikapi pemkab sebaik mungkin dalam membangun sketor pariwisata,” kata Prayitno.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.