Gaya

Cara Mudah Mendeteksi Gangguan Insomnia

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kini, sulit tidur malam atau insomnia bisa dialami oleh siapapun. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Jika terjadi secara berkepanjangan, gangguan tidur ini bisa memicu berbagai penyakit.

Dr Michael Mosley merekomendasikan cara mudah untuk mengecek parah tidaknya gangguan tidur yang kita alami. Yakni dengan metode yang diciptakan Nathaniel Kleitman dari University of Chicago yaitu tes sleep onset latency test ini.

“Tes ini dibuat berdasarkan sains,” tulis Mosley di The Mail seperti dikutip dari Tempo.co.

Tes sederhana ini menggunakan sendok dan baki yang terbuat dari logam. Untuk melakukan tes ini, Mosley menjelaskan, Anda harus berbaring di sebuah kamar yang tenang dan gelap pada siang hari dengan menggenggam sebuah sendok di pinggir tempat tidur.

“Lalu Anda menaruh baki yang terbuat dari logam di lantai di samping tempat tidur Anda kemudian lihatlah jam sebelum kemudian memejamkan mata. Pertanyaannya adalah apakah Anda tertidur? Dan jika tertidur, berapa lama waktu yang dibutuhkan sejak Anda menutup mata?” jelas dia.

Ketika benar-benar tertidur, secara otomatis sendok yang ada dalam genggaman akan terlepas dan jatuh ke baki logam yang ada di bawahnya, sehingga menimbulkan suara nyaring yang akan membangunkan Anda kembali.

Saat terbangun, langsung periksa jam untuk melihat berapa lama Anda tertidur. Menurut Professor Kleitman, jika Anda tertidur dalam waktu lima menit sejak menutup mata, tingkat kekurangtiduran Anda benar-benar parah.

Akan tetapi, jika waktunya sepuluh menit, berarti Anda punya masalah tidur dengan nyenyak pada malam hari. Dan jika di atas 15 menit, berarti Anda tidak apa-apa.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.