Gaya Pawarta

Kirimkan Karya untuk Antologi Buku Cerkak Bahasa Panginyongan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Sebagai salah satu upaya pelestarian bahasa lokal, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa SMP Kabupaten Purbalingga bersiap untuk menerbitkan cerita pendek Berbahasa Banyumasan atau yang biasa disebut cerkak.

Dalam penerbitan yang digelar bersama dengan Komunitas Teater dan Sastra Perwira (Katasapa) ini bakal menyantumkan lebih dari 60 cerkak berbahasa Panginyongan, yang ditulis oleh peserta Bengkel Sastra yang digelar MGMP Bahasa Jawa SMP Purbalingga, beberapa waktu lalu.

“Selain itu kami juga mengundang penulis lain untuk ikut bergabung dalam antologi ini,” kata Ketua MGMP Bahasa Jawa SMP Purbalingga, Prasetyo. Menurut guru SMP 1 Bukateja ini, buku itu akan diterbitkan bertepatan dengan Hari Jadi ke-186 Kabupaten Purbalingga.

Prasetyo menjelaskan, untuk penulis di luar anggota MGMP Bahasa Jawa SMP, syarat utamanya adalah penulis memiliki KTP Purbalingga. Seleksi sendiri akan dilakukan oleh Komunitas Katasapa.

Sekretaris Komunitas Katasapa, Agustav Triono menjelaskan, persyaratan teknis cerkak dari penulis luar yaitu, cerkak harus berbahasa Penginyongan dan bertemakan bebas namun lebih diutamakan mengangkat lokalitas Purbalingga.

Format penulisan, ukuran kertas A4, margin normal, spasi 1,5, font Times New Roman, size font 12, maksimal 4 halaman. Penulis mencantumkan biodata singkat dan melampirkan foto close-up dengan gaya santai.

Naskah tersebut kemudian dikirim dengan format judul email CERKAK-NAMA PENULIS lantas dikirim ke email di agustav_3ono@yahoo.com cc ryanrachman85@gmail.com. Pengiriman karya maksimal 30 November 2016.

BANGKIT WISMO

One thought on “Kirimkan Karya untuk Antologi Buku Cerkak Bahasa Panginyongan”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.