BRALING.COM, PURBALINGGA – Panglima Komando Operasi AU I Marsekal Muda Yuyu Sutisna akhirnya meresmikan pergantian nama Pangkalan TNI Angkatan Udara Lanud Wirasaba yang ada di Purbalingga.

Kedepan, dunia akan mengenal satu-satunya lanud di Kota Braling ini dengan nama Lanud Jenderal Besar Soedirman. Peresmian nama baru itu dilakukan bersama Danlanud Letkol Penerbang Suparjo, Bupati Purbalingga Tasdi, Wabup Dyah Hayuning Pratiwi dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

“Lanud Wirasaba di Purbalingga termasuk dari 7 lanud yang masih menggunakan nama tempat. Sehingga kami ubah menggunakan nama tokoh pahlawan. Kebanyakan memang mengambil nama tokoh pahlawan lokal,” kata Marsekal Muda Yuyu Sutisna, awal November 2016.

Dia menjelaskan, penggantian nama ini dimaksudkan agar semangat perjuangan Jenderal Besar Soedirman dapat menyemangati seluruh jajaran TNI AU dan masyarakat khususnya di Lanud Jenderal Besar Soedirman ini.

“Prosesnya sudah sejak Februari lalu. Kami punya calon nama kemudian kita lempar ke daerah dan daerah juga punya calon nama. Kebanyakan yang kami gunakan memang nama usulan dari daerah,” kata Marsekal Muda Yuyu seperti dikutip dari press release Humas Pemkab Purbalingga.

Bupati Purbalingga yang mengusulkan nama Lanud Jenderal Besar Soedirman. Bupati Tasdi sejatinya mengajukan dua nama, yakni Lanud Jenderal Besar Soedirman dan Lanud Soewarno. Yang mana, Sersan Mayor Suwarno merupakan  Komandan Lanud Wirasaba pertama.

“Kita bersyukur nama Jenderal Besar Soedirman dipilih menjadi nama Lanud Wirasaba. Ini menjadi salah satu kebanggaan bagi seluruh masyarakat di kabupaten Purbalingga,” kata Bupati Tasdi.

BANGKIT WISMO