Pilihan Plesir

Purbalingga Siap Gelar Kongres Gunung di Desember 2016!

BRALING.COM, PURBALINGGA – Purbalingga telah bersiap untuk menggelar Kongres Gunung, Desember 2016 mendatang. Tak hanya itu, untuk menambah suasana semarak, Pemkab Kota Braling juga telah menyiapkan sejumlah agenda lainnya.

Selain ada Kongres Gunung, juga akan digelar penanaman 3.000 pohon trembesi di kaki Gunung Slamet hingga pos pendakian I, bersih Gunung Slamet yang diikuti 1.500 pendaki dan pecinta alam serta 3000 lampion di Festival Kutabawa pada 13 Desember 2016.

Kongres Gunung yang digelar di Desa Kutabawa, Kecamatan Karengreja ini akan mengusung tema “Masa Depan Gunung dalam Pengelolaan Mitigasi bencana dan pemanfaatan Sumberdaya Alam untuk Kesejahteraan Manusia”.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinbudparpora Purbalingga Drs Sridadi MM berkata, kongres ini akan dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan ahli vulkanologi DR Surono.

“Dalam kongres nanti diharapkan akan mencetuskan langkah dan tindakan kongkrit dalam  upaya  pelestarian lingkungan / ekosistem gunung melalui pendekatan  teknis, ekologis dan budaya,” kata Sridadi dalam keterangan pers Dinbudparpora Purbalingga.

Peserta kongres berasal dari birokrat dan instansi yang terkait dengan pergunungan, akademisi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), aikatan alumni geologi, pecinta alam, komunitas pecinta gunung, Perhutani, pengamat, budayawan, juru kunci gunung, utusan warga yang tinggal disekitar gunung, dan Komunitas Lima Gunung.

Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga Ir Prayitno MSi menjelaskan, kegiatan penanaman pohon dan bersih gunung akan melibatkan para pecinta alam, pelajar, relawan, tim SAR, dan warga masyarakat setempat.

Penanaman pohon akan diawali oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bupati Purbalingga dan Forum Komunikasi Pimpinan daerah. Penanaman simbolis di kompleks pos pendakian gunung Slamet di Dukuh Bambangan, Kutabawa.

Sementara itu, kegiatan bersih gunung dilakukan dua tahap, rombongan pertama yang mendaki tanggal 13 Desember, dan rombongan kedua yang berangkat naik usai acara penanaman pohon. “Pembersihan sampah utamanya sampah plastik dilakukan di jalur pendakian dan di titik pos I hingga pos V,” kata Prayitno.

BANGKIT WISMO

One thought on “Purbalingga Siap Gelar Kongres Gunung di Desember 2016!”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.