Pawarta Pilihan

UMK Purbalingga Tahun 2017 Mengalami Kenaikan Lagi?

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemkab Purbalingga telah merumuskan besaran upah minimum kabupaten alias UMK tahun 2017. Kenaikan UMK sudha disepakati melalui rapat dewan pengupaha kabupaten.

Seperti beberapa tahun terakhir ini, UMK Purbalingga pada tahun 2017 mendatang juga mengalami kenaikan. Tahun depan, UMK Purbalingga dipastikan naik sekitar 8,04 persen dari UMK 2016 senilai Rp 1.377.500. Jadi, UMK 2017 senilai Rp 1.488.500.

Dikutip dari Purwokerto Kita, Plt Kepala Dinsosnakertrans Purbalingga, Ngudiarto berkata, kenaikan UMK 2017 sudah melalui banyak perhitungan. “Faktor yang dihitung adalah adanya inflasi sekitar 3,07 persen. Selain itu, juga survei kebutuhan hidup layak (KHL) yang juga diperhitungkan,” ujar Ngudiarto, pertengahan Oktober lalu.

Hasil kesepakatan tersebut sudah disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah untuk segera disahkan. “Sesuai dengan PP No 78 Tahun 2015 tentang pengupahan, tidak ada lagi yang ditutup-tutupi. Semuanya harus terbuka dalam prosesnya,” ucapnya.

Dinsosnakertrans Purbalingga berharap pengusaha mentaati keputusan dewan pengupahan ini. “Pengusaha harus berkomitmen untuk menjalankan kesepakatan ini,” kata dia. Komitmen pengusaha dibutuhkan karena sebanyak  48.000 warga Purbalingga bekerja di sektor industri.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.