Pawarta Pilihan

Wong Purbalingga, Mayuh Waspada Potensi Bencana Alam!

BRALING.COM, JAKARTA – Kejadian bencana alam semakin sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari kejadian banjir bandang, tanah longsor hingga angin kencang. Purbalingga sendiri tak lepas dari ancaman angin kencang dan hujan besar.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  menyebutkan, kejadian bencana alam itu tidak lepas karena pengaruh kondisi atmosfer yang sangat labil di wilayah Indonesia. Pemicunya, mulai dari daerah pertemuan angin hingga dipicu oleh skala atmosfer skala lokal ataupun yang lebih luas.

Dalam keterangan persnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, DR Yunus S Swarinoto MSi meminta masyarakat untuk lebih mewaspada potensi cuaca ekstrem selama periode 13-20 November 2016. Beberapa hadi kedepan, suplai uap air sebagai pendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera dan Jawa relatif tinggi.

BMKG memperkirakan potensi hujan masih terus meningkat, khususnya di wilayah Jateng, Jatim, Jabar, Banten Jabodetabek, Yogyakarta, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

Selama sepekan, sangat dimungkinkan terjadi peningkatan intensitas Thunderstorm yang bisa memicu terjadi petir dan angin kencang. “Masyarakat diimbau berhati-hati ketika beraktifitas di luar rumah pada sore hari,” kata dia dalam situs BMKG.go.id.

“Selain itu khusus untuk daerah perkotaan dan dataran tinggi agar mengantisipasi hujan lebat dengan durasi singkat yang dapat menyebabkan genangan bahkan banjir bandang,” kata Yunus.

BMKG menyebutkan bahwa dalam beberapa pekan ke depan hingga periode awal tahun 2017 sebagian wilayah Indonesia akan memasuki puncak musim hujan. Karenanya, masyarakat perlu waspada terhadap risiko banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, hingga jalan licin.

 

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.