Pilihan Plesir

4 Tips Tetap Semangat Setelah Masa Liburan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Libur panjang di akhir tahun sudah usai. Kini saatnya kembali ke aktivitas yang biasa dihadapi sehari-hari. Jika sudah begini, pasti rasa malas menghadapi semua rutinitas langsung muncul.

Walau berwisata ataupun bersantai-santai di rumah adalah hal yang menyenangkan, tapi Anda tetap harus melawan perasaan malas tersebut agar dapat bekerja seperti seharusnya kan.

Begini caranya melawan rasa malas untuk kembali bekerja. Dengan begitu, liburan akan menjadi sarana refreshing jitu untuk membakar semangat saat bekerja.

Berpikiran positif

Rasa malas kembali bekerja muncul karena Anda hanya melihat berbagai sisi negatif yang akan Anda hadapi di ruang kerja. Daripada memikirkan lelahnya bekerja, lebih baik lihat sisi positif saat Anda kembali bekerja.

Misalnya, dengan bekerja, Anda bisa memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan diri. Ada baiknya memakai pakaian yang berwarna cerah biar kita tampak lebih fresh.

Menyapa rekan kerja

Kembali bekerja, bukan semata kembali pada tumpukan pekerjaan. Namun juga menjadi kesempatan untuk bisa kembali bertemu dengan teman-teman kerja. Sempatkan diri untuk ngobrol dan menyapa rekan kerja. Berbagilah cerita liburan sambil makan siang bersama.

Kerja yang lebih kreatif

Liburan itu untuk menyegarkan otak dan badan. Karenanya, setelah pulang berlibur, biasanya ide-ide kreatif akan mengalir deras. Ketika sedang banyak ide, biarkan semuanya mengalir alami.

“Untuk menemukan ide cemerlang jangan kembali ke posisi duduk Anda yang semula. Lakukan brainstorming. Duduklah di luar kantor, di rumput, atau di mana pun, dan refleksikan pekerjaan Anda,” saran ungkap psikolog dr Meredith Fuller seperti dikutip dari Kompas.com.

Makan yang sehat

Selama liburan, tubuh dibiasakan untuk bersantai dan tidak memikirkan hal yang berat. Akan tetapi, saat kembali bekerja, maka tubuh dan pikiran harus “mode on” kembali. Karenanya, tubuh membutuhkan energi lebih untuk menjalankan rutinitas bekerja.

“Mulai minggu pertama Anda bekerja dengan mengonsumsi sarapan sehat. Minum banyak air dan hindari terlalu banyak minum teh dan kopi,” saran Natasha Meerding, juru bicara Dietitians Association of Australia.

Nah, mari lebih bersemangat untuk menyambut aktivitas rutin kita setelah masa liburan. Mari jadikan rutinitas kita lebih produktif dan kreatif.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.