Pawarta Pilihan

Akhir Pekan Ini, Purbalingga Akeh Tontonan Loh!

BRALING.COM, PURBALINGGA – Gempita Peringatan HUT Kabupaten Purbalingga ke 186 tahun sudah semakin terasa semarak. Bahkan, akhir pekan ini, banyak sekali tontonan yang sangat sayang kalau dilewatkan.

Pada hari Sabtu dan Minggu, 17-18 Desember 2016, Pemerintah Kota Braling sudah mengagendakan rangkaian acara. Yang mana, acara-acara itu bakal menjadi tontonan yang menyegarkan mata.

Pada hari Sabtu, Pemkab sudah menjadwalkan acara Pawai Budaya. Pawai ini akan dirampaikan oleh penampilan 52 kelompok dari Kota Perwira dan lima kelompok tamu yang khusus datang dari lima kabupaten tetangga.

“Pawai budaya ini untuk memberikan ruang kepada masyarakat dalam mengembangkan karya kreatifitasnya sekaligus berinovasi di bidang kebudayaan,” kata Plt Kepala Dinbudparpora Purbalingga, Sridadi.

“Selain itu juga untuk mendukung program pembinaan kebudayaan dan destinasi pariwisata dalam upaya menggerakan perekonomian masyarakat,” sambung Sridadi dalam keterangan pers Humas Pemkab Purbalingga.

HUT Purbalingga ke 186 Tahun
HUT Purbalingga ke 186 Tahun

Nah, di hari Minggu pukul 08.00, akan ada Pahargyan Agung di pendopo Dipokusumo. Pahargyan Agung itu juga akan dimeriahkan pagelaran sendratari sesaji dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Pahargyan Agung ini menggunakan Bahasa Jawa, yang dimulai dengan keluarnya Bupati Tasdi beserta rombongan dari ndalem ageng menuju Pendopo Dipokusumo. Kemudian dilakukan serah terima songsong agung dan pusaka aji dari Ketua DPRD Tongat kepada Bupati Tasdi.

“Usai Pahargyan Agung dilakukan  kirab pusaka  dan manggala praja dari pendopo Dipokusumo menuju DPRD,” kata Sridadi.

Sekitar pukul 09.00, Pemkab sudah mengagendakan Festival Tumpeng di Alun-alun. Festival ini diikuti oleh seluruh desa dan kelurahan di Purbalingga. Setiap desa diminita mengirimkan empat tumpeng.

“Tumpeng ini sebagai wujud rasa syukur atas hari jadi Purbalingga ke-186. etelah dilakukan penilaian, tumpeng akan dimakan bersama masyarakat Purbalingga yang hadir di alun-alun,” kata Ketua Seksi Festival Tumpeng, Kodadiyanto.

BANGKIT WISMO

One thought on “Akhir Pekan Ini, Purbalingga Akeh Tontonan Loh!”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.