BRALING.COM, PURWOKERTO – Dompet Dhuafa Purwokerto punya cara unik untuk membangun rasa empati di antara sesama manusia. Yakni dengan menggelar program Tukar Profesi dengan tukang becak.

Melalui program ini, Dompet Dhuafa mengajak para relawan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Purwokerto dan masyarakat untuk menjadi tukang becak dalam satu hari. Program yang diikuti 160 tukang becak ini digelar Jumat 16 Desember 2016.

whatsapp-image-2016-12-15-at-8-51-28-pm  Bangun Empati, Dompet Dhuafa Buat Program Tukar Profesi WhatsApp Image 2016 12 15 at 8
Program Tukar Profesi.

Namun, program yang digelar juga untuk memeringati Hari Volunteer Dunia, yang jatuh pada 5 Desember 2016 lalu itu juga diisi dengan program literasi keuangan dan layanan Screening Hipertensi dan Diabet gratis.

Materi literasi keuangan diselenggarakan bersama Bank Arta Leksana dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Purwokerto. Dalam agenda ini, para tukang becak diajak untuk rajin menabung mulai dari Rp 2000.

Dalam acara itu, Dompet Dhuafa juga akan memberikan akses kesehatan cuma-cuma berupa layanan rawat jalan di klinik LKC Dompet Dhuafa di Berkoh, Purwokerto Selatan.

Ini karena, dari hasil pemeriksaan, ternyata hampir seluruh tukang becak mengaku belum pernah melakukan pemeriksaan rutin kesehatan. Padahal mereka sangat berisiko dengan penyakit degeneratif seperti hipertensi dan diabetmelitus.

BANGKIT WISMO