Pawarta Pilihan

Jumlah ODHA di Purbalingga Semakin Memprihatinkan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kendati bukan sebuah kota metropolis, ternyata Kabupaten Purbalingga memiliki tren buruk terkait jumlah penderita Human Immunodeficieny Virus – Acquired Immune Deficiency Syndrome atau HIV/AIDS dalam lima tahun terakhir ini.

Setiap tahunnya, penderita HIV/AIDS di Kota Perwira ini semakin bertambah. Bahkan, Bupati Purbalingga menyebutkan bahwa hingga Oktober 2016 ini, sudah ada 54 penderita HIV/AIDS.

“Tanggungjawab HIV/AIDS bukanlah tanggung jawab personal saja, melainkan menjadi tanggungjawab kita bersama, terutama pencegahan dan penanggulangan menyebarnya virus HIV/AIDS,” kata Bupati Purbalingga Tasdi.

img_9246
Bupati Purbalingga memimpin apel Hari AIDS Sedunia di halaman Pendapa Dipokusumo.

Bupati mengatakan hal itu saat upacara Hari AIDS Sedunia di halaman Pendapa Dipokusumo, Kamis 1 Desember 2016. Wakil Bupati (Wabup) Dyah Hayuning Pratiwi, pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, perwakilan dari TNI/Polri serta pejabat hadir sebagai peserta upacara.

Bupati Tasdi menilai, perlu penanganan segera agar dampak tak semakin meluas. Terutama melalui pendekatan agama dan budaya. “Disamping itu, kita juga harus memberikan perhatian terhadap generasi muda kita,” kata dia.

Di lain sisi, Bupati juga barharap orang dengan HIV/AIDS atau ODHA juga aktif memeriksakan dirinya. Selain itu, warga juga tidak serta merta mengucilkan ODHA. “Bukan orangnya yang harus dijauhi, namun virus serta penyakitnya yang harus kita jauhi,” kata Tasdi.

 

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.