Pawarta

Purbalingga Dominasi Kompetisi Film Dokumenter & ILM

BRALING.COM, PURWOKERTO – Sejumlah film garapan pelajar asal Kota Braling mendominasi gelaran Kompetisi Film Dokumenter dan Iklan Layanan Masyarakat yang digelar di Purwokerto.

Ajang ini digelar untuk memperingati Hari Buruh Migran Sedunia yang jatuh pada 18 Desember 2016 dan Hari Ibu. Penganugrahan kompetisi dan talkshow digelar di Hall Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Unsoed.

Program ini digelar bersama oleh Pusat Penelitian Gender, Anak dan Pelayanan Masyarakat LPPM Unsoed bekerjasama dengan Migrant Care Jakarta, Cinema Lover Community (CLC) Purbalingga dan LPPSLH Purwokerto.

Untuk Kategori Dokumenter, titel Film Terbaik I diraih oleh film “Setelah Merantau” karya Asa Wajada, mahasiswa Sosiologi Fisip Unsoed Purwokerto.

Film yang bercerita tentang kisah sukses dua orang mantan buruh migran di desa Gumelar ini berhasil merebut hati jewan Juri yang terdiri dari Bowo Leksono (Direktur CLC), Ayusia Sabita (Dosen) dan Yuli (Mantan buruh migran).

Sementara Film Terbaik 2 didapat oleh film “Sri Rejeki” karya pelajar SMA Kutasari, Hafifah Nuraini dari Papringan Pictures dan Film Terbaik 3 diraih oleh film “Sang Penggerak” garapan Black White Pictures.

ILM Terbaik 1 diraih SMA Bruderan Purwokerto yang menggarap ILM berjudul “Kangen Ibu”. ILM Terbaik 2 diraih oleh ILM “Dadi Tani apa TKI?” Karya SMAN 1 Bukateja dan ILM Terbaik 3 didapat ILM “Sukses Jaba Jero” dari SMK Negeri Kutasari.

Menurut Ketua Pusat Penelitian Gender, Anak dan Pelayanan Masyarakat LPPM Unsoed Dr Tyas Retno Wulan, kompetisi film dokumenter bertujuan membangun kesadaran generasi muda tentang persoalan migrasi aman dan pencegahan human trafficking.

“Sehingga mereka menjadi peduli, empati dan   bisa menjadi duta anti trafficking bagi masyarakat di sekitar tempat tinggalnya,” kata Tyas dalam keterangan persnya.

Sementara Talk Show bertema “Potret Buruh Migran Perempuan Indonesia” menghadirkan Anis Hidayah, Ketua Migran Care Jakarta dan Prof Siti Kusujiarti PhD yang merupakan dosen Warren Wilson College USA.

 

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.